Jumat, 29 Maret 2024

Delapan Polisi Naik Pangkat

Berita Terkait

Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya (kiri) menyalami anggota yang naik pangkat, Senin (2/7). F. Sandi/batampos.co.id

batampos.co.id – Polres Karimun menggelar apel pagi istimewa untuk mengumumkan kenaikan pangkat untuk delapan orang anggotanya. Hal ini bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-72 Bhayangkara.

”Kenaikan pangkat merupakan salah satu amanah atas kinerja seorang anggota Polri dalam menjalakan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat. Pada peringatan HUT ke-72 Bhayangkara tahun ini, anggota kita yang naik pangkat delapan orang,” ujar Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, Senin (2/7).

Satu orang perwira dari pangkat Inspektur Polisi Tingkat Satu (Iptu) menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP). Selebihnya, kata Kapolres, tujuh orang anggota bintara, di antaranya dari Brigadir Dua (Bripda) menjadi Brigadir Satu (Briptu), dan seterusnya.
”Semuanya naik satu tingkat,” jelasnya.

Perlu diketahui, kenaikan pangkat ini diberikan sesuai dengan prestasi personel, setelah melalui penilaian dan pengecekan langsung. Pengecekan yang dilakukan meliputi status anggota polisi yang dinilai apakah sedang menjalani proses pelanggaran disiplin atau kode etik, atau melakukan pelanggaran lainnya.

Setelah itu, penilaian Kepala Satuan Kerja (Kasatker) anggota itu ditugaskan.
”Lalu dilanjutkan oleh Kepala Bagian (Kabag) dan tentunya saya sendiri Kapolres sebagai Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil). Artinya, kenaikan pangkat ada mekanisme yang harus dilalui,” paparnya.

Delapan anggota Polres Karimun yang naik pangkat Juli tahun ini berdasarkan usulan. Kepada anggota polisi yang mendapatkan kenaikan pangkat baik Perwira dan Bintara, Kapolres berpesan agar menjalankan amanat sebagai anggota Polri dengan sebaik-baiknya.(san)

Update