Jumat, 29 Maret 2024

Kemenangan Syahrul-Rahma Diumumkan Besok

Berita Terkait

batampos.co.id – Tahapan pemilihan kepala daerah Tanjungpinang sudah memasuki babak akhir. Rabu (4/7) besok, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang akan melaksanakan sidang pleno rekapitulasi sekaligus pengumuman perolehan suara untuk masing-masing pasangan calon.

Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan, dalam sidang pleno besok, pihaknya juga mengundang masing-masing paslon agar bisa ikut hadir. Namun, jelas Aswin, tidak ada keharusan bagi mereka untuk hadir. “Nanti hadir atau tidak, itu keputusan mereka. Tapi KPU sudah mengundang keduanya,” tutur Aswin, Senin (2/7) kemarin.

Usai melangsungkan pleno dan penetapan perolehan suara, KPU Tanjungpinang tak lantas melangsungkan penetapan pasangan calon terpilih. Aswin menjelaskan, jika nanti didapati adanya gugatan dari paslon, maka KPU harus menunda pleno tersebut, hingga gugatan rampung. “Tapi kalau tidak ada, sesegera mungkin KPU akan pleno paslon terpilih,” ucap dia lagi.

Hanya saja, hingga saat ini, baik KPU maupun Panwaslu Tanjungpinang, mengaku belum mendapatkan informasi terkait adanya gugatan yang bakal dilayangkan terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, penghitungan suara diempat kecamatan di Tanjungpinang sudah selesai dilakukan. Di Kecamatan Tanjungpinang Timur, pasangan Lis-Maya hanya memperoleh 14.720 suara atau selisih lebih sedikit 2.914 suara ketimbang raihan suara kompetitornya, pasangan Syahrul-Rahma yang memperoleh 17.634 suara di kecamatan terpadat di Tanjungpinang ini.

“Ya untuk kecamatan Tanjungpinang Timur sudah selesai, karena yang terakhir kemarin tinggal kelurahan Pinang Kencana saja,” kata Ketua PPK Tanjungpinang Timur, Asirin.

Sementara untuk Kecamatan Tanjungpinang Barat, Syahrul-Rahma (Sabar) mendulang 9.365 suara, sedangkan pasangan calon nomor urut dua, Lis-Maya (lima) memperoleh 10.298 suara.

Di Kecamatan Tanjungpinang Kota, perbedaan keduanya selisih tipis. Syahrul-Rahma mendulang 4.359 suara atau hanya selisih lebih sedikit 36 suara dari Lis-Maya yang mendulang 4.395 suara.

Selanjutnya di Kecamatan Bukit Bestari, Syahrul-Rahma unggul 454 suara dengan raihan 11.201 suara dan pasangan Lis-Maya hanya 10.747 suara. Menilik rekapitulasi suara di empat kecamatan, pasangan calon nomor urut satu, Syahrul-Rahma unggul 2.399 suara dengan total 42.559 suara. Sedangkan pasangan calon nomor urut dua, Lis-Maya hanya memperoleh 40.160 suara. Kemenangan di pihak Syahrul-Rahma. (aya)

Update