Kamis, 25 April 2024

Hari Pertama PPDB Hanya Delapan Calon Murid Yang Daftar ke SDN 08 Batuaji

Berita Terkait

batampos.co.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) dimulai serentak, Selasa (3/7). Banyak sekolah yang kebanjiran calon murid.

Pantauan di Batuaji dan Sagulung hampir semua SDN kelebihan jumlah calon murid yang mendaftar di hari pertama PPDB, kemarin. Hanya satu sekolah yang terpantau sepih yakni SDN 08, Batuaji. Sepanjang hari kemarin sekolah ini baru menerima delapan calon siswa yang mendaftar.

Kondisi ini sangat berbeda dengan PPDB SDN 02 yang masih dalam lingkungan yang sama. Pendaftar di SDN 02 sudah diatas angka seratusan sampai pukul 12.00 WIB.

Kepala SDN 08 Kamaliah akui peminat di sekolah yang dipimpinnya itu memang sangat rendah. Itu karena SDN 08 belum memiliki gedung sendiri dan sudah empat tahun belakangan ini numpang belajar di gedung SDN 02.

“Alasan kenapa sepi peminat saya tak perlu jelaskan lagi. Rekan-rekan lihat sendiri situasi di sini seperti apa,” ujar Kamaliah, kemarin.

Menurut Kamaliah sesuatu yang wajar jika sekokah yang dipimpinnya itu sepih peminat. Dia memaklumi itu sebab menurutnya setiap orangtua pasti akan melalukan terbaik buat anaknya. Jika ada sekolah yang memiliki gedung sendiri tentu sekolah yang numpang akan diabaikan.

“Soal daya tampung mungkin nanti dipikirkan asalkan anak mereka bisa daftar di sekolah yang tak ada kekurangannya. Itu manusiawi dan kita maklum,” ujarnya.

Meskipun sepih peminat, namun Kamaliah tetap optimis bahwa PPDB SDN 08 di tahun ajaran kelima ini tetap akan mengakomodir kebutuhan murid baru mereka.

“Tahun ini hanya satu lokal saja untuk murid baru. Kami tak bisa terima banyak-banyak sebab lokal yang tersedia terbatas,” ujarnya.

Untuk kelancaran proses PPDB pihaknya kata Kamaliah tetap memiliki prosedur yang sesuai untuk calon murid baru. “Untuk persyaratan tetap sama seperti SDN lain begitu juga dengan prosedur ya PPDB kali ini kami terima sesuai umur anak. Hari ini khusus untuk anak umur 6,11 tahun ke atas, besok (hari ini) untuk umur 6,4-6,10 tahun dan hari ketiga nanti untuk anak 6,0 -6,4 tahun,” jelas Kamaliah.

Berapapun calon murid yang mendaftar akan diterima semua asalkan melengkapi persyaratan PPDB yang ada, dan jika nanti kelebihan maka panitia PPDB akan merangking berdasarkan umur anak.

“Karena PPDB SD ini berdasarkan umur. Yang prioritas adalah anak 7 tahun keatas, jadi kalau berlebihan yang daftar maka yang umur paling muda akan gugur sendiri,” kata Kamaliah.

PPDB SDN 08 Batuaji ini masuk dalam zonasi yang sama dengan SDN 02. Meskipun demikian peminat lebih banyak ke SDN 02 karena mereka memiliki gedung sendiri. Sementara SDN 08 masih numpang dan belum memiliki gedung sendiri.

Disinggung terkait kapan bisa menempati gedung sendiri, Kamaliah mengaku belum tahu pasti sebab belum ada arahan dari Dinas Pendidikan ataupun Pemko Batam.

“Semoga tahun depan kami sudah bisa punya gedung sendiri. Kalau sekarang saya belum bisa berkomentar karena kebijakan (bangun gedung sekolah) bukan kami,” ujar Kamaliah.(eja)

Update