Sabtu, 20 April 2024

Kloter Pertama Embarkasi Batam Berangkat 18 Juli

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Jamaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Batam akan diberangkatkan tanggal 18 Juli mendatang. Kloter pertama ini merupakan jamaah asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang terdiri dari Kota Tanjungpinang, Natuna, Kepulauan Anambas, Lingga dan Batam.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Subadi mengatakan JCH mulai masuk asrama satu hari sebelum keberangkatan atau tanggal 17 Juli 2018.

“Kloter I nanti ada 445 JCH yang akan,” kata Subadi, Selasa (3/7).

Ia mengatakan, sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama, saat berada di asrama seluruh jamaah akan mengikuti kegiatan sebelum diberangkatkan termasuk bekal biaya hidup selama beribadah.

“Nanti kan ada pembagian paspor, gelang kesehatan hingga visa ibadahnya,” sebutnya.

Saat berada di asrama, petugas medis akan melakukan pemeriksaan terakhir sebelum jamaah diberangkatkan. Pemeriksaan ini sangat berpengaruh terhadap kelanjutan perjalanan JCH nantinya.

“Jika kondisi mereka menurun bisa saja batal berangkat, tapi kita doakan semua dalam keadaan sehat sehingga bisa berangkat menunaikan ibadah haji mereka dan kembali dengan selamat,” ujarnya.

Tahun ini embarkasi Batam akan memberangakatkan 12.940 JCH yang dibagi dalam 27 kloter. Selain Provinsi Kepri ada tiga provinsi lainnya yang bergabung yakni Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Berdasarkan rapat Kementerian Agama, jamaah asal Kepri akan berangkat pada kelompok terbang 1, 19 dan 27. Untuk jamaah asal Riau akan diberangkatkan kloter 2 hingga 10 dilanjutkan Kalimantan Barat dan Jambi.(yui)

Update