Rabu, 24 April 2024

Batam Butuh Hewan Kurban sebanyak 2 Ribu Ekor

Berita Terkait

Sapi di Seitemiang, Tanjungriau, Sekupang.
F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Menyambut hari raya Idul Adha 23 Agustus mendatang, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Batam akan melakukan pengecekan kesehatan untuk menyatakan hewan layak dikonsumsi.

“Proses dimulai satu bulan sebelum hari raya. Mulai dari hewan datang hingga pengecekan kesehatan,” kata kepala DKP Batam, Mardanis, Rabu (7/4).

Ia menyebutkan setiap tahun kebutuhan hewan kurban baik sapi maupun kambing mencapai 1.500-2.000 ekor. Hewan biasanya didatangkan dari Pulau Jawa, Sumatera hingga Bali.

“Sekarang ada kurang lebih 20 pengusaha yang biasa menyuplai kebutuhan hewan kurban,” sebutnya.

Hewan yang sehat dan lolos pengecekan akan diberi label kesehatan DKP. Pembeli tidak usah khawatir saat memesan hewan kurban. Hewan dikatakan sehat memiliki bola mata terlihat berbinar serta cuping hidung atau moncong basah.

“Nanti lihat saja label yang sudah terpasang. Itu menandakan hewan sudah kami cek kesehatannya dan layak dikonsumsi,” terang mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Batam ini.

Ia meminta kepada ,untuk tidak menjual hewan mereka di luar lokasi yang telah ditentukan. Seperti tahun lalu ada beberapa penjual hewan yang menjajakan hewan mereka dekat dengan jalan.

Keberadaan hewan ini bisa mengganggu ketertiban umum. Untuk itu pihaknya akan menindak tegas mereka yang melanggar ketentuan ini. “Nanti kami akan bentuk tim juga untuk menyisir lokasi yang sering dijadikan lapak ternak dadakan ini,” tutupnya.(yui)

Update