Suasana pendaftaran bacaleg di hari pertama Rabu (4/7). Kantor KPU Karimun masih sepi tanpa pendaftar. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Hari pertama pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di Sekretariat KPU Karimun, Rabu (4/7) kemarin belum ada satupun bacaleg yang datang mendaftar. Sejumlah pengurus partai politik (parpol) yang mendatangi Sekretariat KPU hanya untuk berkonsultasi.

”Rata-rata pengurus parpol melakukan konsultasi persyaratan balon yang akan didaftarkan ke KPU di hari pertama. Dikarenakan waktu pendaftaran cukup panjang. Kemungkinan besar pekan depan sudah ada yang mendaftar,” kata Ketua KPU Eko Purwandoko, didampingi komisioner Mardanus.

Pendaftaran bacaleg dimulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, tanpa libur, termasuk Sabtu dan Minggu. Sedangkan pada hari terakhir pendaftaran 17 Juli, diberikan batas waktu hingga pukul 00.00 WIB. Sesuai dengan jumlah kursi legislatif yang mencapai 30 kursi, maka masing-masing parpol harus menyiapkan 30 balon untuk empat Daerah Pemilihan (Dapil).

”Sekarang tergantung parpol masing-masing, mampu tak mereka menyiapkan balonnya di setiap dapil. Total keseluruhannya ada 480 balon dari 16 parpol yang dinyatakan lulus verifikasi oleh KPU PUsat,” jelas Eko.

Sementara itu, di pengadilan maupun RSUD HM Sani banyak para bacaleg yang mengurus administrasi persyaratan untuk ikut nyaleg. Salah satunya surat keterangan kesehatan.

Selain itu, ada beberapa tokoh yang menjadi rebutan parpol, dikarenakan figur yang dipercaya oleh masyarakat. ”Kemarin kita lakukan pemantauan, cukup ramailah balon pengurusan. Yang jelas harus sesuai dengan persyaratan yang telah kita umumkan,” timpal Mardanus.

Ketua DPC Gerindra M Yunus ketika dikonfirmasi tentang pemenuhan kuota di setiap dapil mengungkapkan pihaknya sudah mempersiapkan jagoannya untuk dimajukan ke KPU Karimun. Termasuk keterwakilan perempuan 30 persen di setiap dapil. ”Insya Allah figur-figur yang kita usung dapat diterima masyarakat,” ujarnya. (tri)

Respon Anda?

komentar