Pekerja kios pedagang ayam Dua Mande di pasar Botania 1 saat melayani pembeli.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Setelah hampir sebulan pasca Idul Fitri, harga daging sapi beku maupun ayam potong beku mengalami penurunan. Seperti misalanya harga daging sapi beku yang awalnya dari distributor per kilogramnya Rp 79 ribu, saat ini turun sebesar Rp 2 ribu menjadi Rp 77 ribu.

Seperti yang dikatakan oleh pemilik distributor daging sapi dari PT Batam Frozen Food, William. Penurunan harga daging sapi ini sejak dua hari lalu. Begitu juga penjualan yang awalnya naik jelang lebaran hingga hari H Idul Fitri, saat ini menurun.

“Kalau soal pasokan daging sih tak ada masalah. Memang dari distributor utamanya dijual ke kami sudah turun harga. Makanya kami harus segera menyesuaikan untuk menurunkan harga daging sapi ini di Batam,” ujar William, Rabu (4/7) siang.

Begitu juga dengan pemilik distributor daging sapi lainnya, dari PT Kartika Inti, Acin. Justru ditempatnya harga daging sapi sudah turun sejak seminggu yang lalu. Penyebab turunnya atau normalnya kembali harga daging sapi beku ini, salah satunya disebabkan permintaan masyarakat yang mulai menurun juga pasca lebaran Idul Fitri.

“Otomatis kalau permintaan sedikit, mau tak mau harus diturunkan juga harganya. Karena dari distributor pemasok daging sapi ke kami juga menurunkan harganya dari Rp 79 ribu perkilogramnya menjadi hanya Rp 77 ribu saja,” terang Acin.

Sedangkan harga daging ayam potong harganya tak mengalami penurunan. Masih sama seperti saat sebelum lebaran Idul Fitri.

“Daging ayam potong ini yang susah turun. Karena pasokan dari Jawa ke Batam juga sedikit sekali. Barangnya langka lah. Makanya dari pihak distributor Jakarta harganya masih tetap mahal. Kami jual ke pedagang di pasar itu perkilogramnya Rp 33 ribu. Sedangkan oleh pedagang pasar dijual ke masyarakat bervariasi, ada yang Rp 36 ribu dan ada yang lebih murah seribu rupiah yakni Rp 35 ribu,” kata Acin mengakhiri. (gas)

Respon Anda?

komentar