Iklan

batampos.co.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 akan kembali digelar di Natuna tahun ini. Sasaran pembangunan dipusatkan di Kecamatan Pulau Tiga, dengan membangun jalan dan gorong-gorong.

Kepala Bagian Humas Pemkab Natuna Budi Darma mengatakan, TMMD yang akan dilaksanakan berdasarkan hasil rapat koordinasi TMMD ke-102 di Kodam Bukit Barisan yang dihadiri Pemerintah Daerah yang dihadiri Bupati Natuna dan beberapa Kepala SKPD.

Pemerintah daerah katanya, harus turut andil dalam kegiatan TMMD. Selain itu pemerintah dan masyarakat Natuna juga secara otomatis mendapatkan output yang baik dari seluruh hasil kegiatan TMMD. Mensukseskan kegiatan ini, Pemerintah Daerah menyiapkan anggaran sekitar Rp 850 juta. “Hasilnya nanti akan menjadi kebaikan bersama,” kata Budi Darma, Rabu (4/7).

Budi mengatakan, TMMD tahun ini mengambil tema Manunggal Membangun Karakter Generasi Millenial. Sesuai dengan tema tersebut, kegiatan akan menyasar pembangunan fisik dan nonfisik.

Kegiatan pembangunan fisik di Natuna meliputi semenisasi jalan lingkungan luar Kecamatan Pulau Tiga sepanjang 437 meter dengan lebar 5 meter dan pembuatan gorong-gorong di sepanjang jalan tersebut. Kegiatan nonfisiknya mewujudkan pemahaman tentang bela negara, meningkatkan pemahaman tentang usaha mikro dan pemahaman tentang Kamtibmas dan Bahaya Narkoba.

Ada juga kegiatan sosialisasi pemahaman tentang KB, kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS. Tidak hanya itu, terdapat sosialisasi pemahaman tentang pertanian, mewujudkan pemahaman tentang perikanan dan kegiatan ceramah agama serta kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal. Pembangunan yang bersifat fisik bersumber dari APBD dan non fisik dari Kodim 0318 Natuna. (arn)