Orangtua siswa antre saat mendaftarkan anaknya saat pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 42 Batam, Rabu (4/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Hari terakhir penerimaan peserta didik baru (PPDB) sejumlah sekolah yang membuka pendaftaran sepi dari pendaftar. Seperti yang terlihat di SDN 005 Sekupang, tak seperti hari pertama yang ramai didatangi orangtua, hari penutupan sekolah terlihat sepi.

Kepala SDN 005 Sekupang, Sri Ningsih mengatakan hingga penutupan PPDB sedikitnya 225 pendaftar di sekolah yang dipimpinnya tersebut. Dari pendaftar tersebut akan disaring 144 siswa terbaik yang akan menempati empat ruangan.

Ia menjelaskan nama pendaftar akan terus berjalan seiring masuknya data yang diunggah sekolah lain. “Kan ada pilihan satu dan dua. Jadi kalau tak terima di pilihan satu otomatis terlempar ke pilihan dua,” sebutnya, Kamis (5/7).

Untuk zonasi, calon peserta didik harus berusia 6 tahun tanggal 1 Juli lalu. Mereka yang usianya tidak cukup akan langsung di tolak oleh sistem PPDB.

“Ada beberapa orangtua yang memaksakan namun saat kami input data langsung tertolak,” ujar perempuan yang akrab disapa Sri ini.

Selanjutnya pendaftar yang diterima akan diumumkan besok melalui aplikasi dan ditempel di papan pengumuman. Mengingat jumlah siswa yang akan ditolak mencapai 100 persen dari kuota yang ada, Sri mengungkapkan akan memberikan penjelasan sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) PPDB yang diatur oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Batam.

“Protes itu sudah biasa, namun kami sudah menjalankan sesuai dengan aturan. Masih ada swasta yang siap menerima,” tambahnya.

Ketua PPDB Batam, Hernowo mengatakan serbuan paling ramai terjadi di hari pertama dibuka tanggal 3 Juli lalu. Ribuan orangtua rela mengantri demi mendaftarkan anaknya di sekolah negeri.

Ia mengungkapkan hasil seleksi untuk siswa 70 persen atau jalur umum bisa langsung diakses di aplikasi PPDB Batam, sedangkan yang 30 persen yakni siswa miskin, bina lingkungan, luar daerah dan berprestasi bisa dilihat di papan pengumuman sekolah.

“Rencana pukul 10.00 WIB diumumkan,” sebutnya.(yui)

Respon Anda?

komentar