Kamis, 28 Maret 2024

Jangan Ada Anak Putus Sekolah

Berita Terkait

batampos.co.id – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim melakukan mo­nitoring ke beberapa SMP ne­geri di Pulau Karimun, Ra­bu (4/7). Dari hasil pantauan ter­sebut, Wabup meminta ke­pala semua sekolah agar dapat menampung semua siswa yang mendaftar sesuai zonasi wilayah masing-masing.

”Anak-anak harus melanjutkan sekolahnya. Jangan sampai ada yang tak sekolah gara-gara tak tertampung. Makanya saya perintahkan kepala sekolah agar menampung semua pelajar yang akan melanjutkan ke tingkat SMP,” tegas Hasyim, Kamis (5/7).

Dari empat sekolah yang di­monitor, ada beberapa sekolah yang jumlah pendaftarnya me­lebih kuota yang telah di­tetapkan. Seperti di SMPN 3 Tebing, jumlah pendaftarnya se­banyak 156 orang, sedangkan kuotanya hanya 128 siswa. Ke­mudian di SMPN 1 Tebing jum­lah pendaftar 228 orang se­dangkan kuota untuk 192 siswa.

Begitu juga untuk SMPN 1 Karimun ada 228 pendaftar dengan batas kuota hanya 210 murid. Di sisi lain ada sekolah yang minim pendaftar, seperti di SMPN 2 Meral Barat yang hanya diikuti 83 pendaftar dari batas kuota 96 siswa.

”Ada beberapa sekolah yang membludak pendaftarannya. Yang jelas para pelajar harus ter­akomodir. Bagaimana tek­nisnya ada di sekolah masing-masing dan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Karimun,” tutur Hasyim lagi.

Ia berharap semua sekolah, khu­susnya tingkat SMP baik ne­geri maupun swasta, bisa me­nampung siswa sekolah. Ag­ar tidak ada anak-anak Ka­rimun yang putus sekolah. ”Semua sekolah sama saja. Yang jelas semua anak harus melanjutkan sekolah,” pesannya. (tri)

Update