ilustrasi
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Untuk menghidupkan dan memajukan sektor pariwisata, Dinas Pariwisata Batam menggandeng klub sepeda dari Singapura dan internasional untuk menggelar iven di Batam. Seperti yang disampaikan Kadis Pariwisata Batam, Pebrialin, Kamis (5/7) siang.

Iklan

Iven internasional yang akan digelar pada hari Minggu (8/7) nanti adalah OCBS Singapura National Road Race Championship 2018.

“Iven ini merupakan iven bertajuk olahraga yakni balap sepeda dengan rute Engku Putri-Tering Bay Nongsa. Ini merupakan agenda Dispar yakni tourism sport yang kami gelar,” ujar mantan Kadis KUKM ini.

Untuk jumlah peserta akan diikuti oleh sebanyak 270 peserta dari 19 negara seperti Amerika, Prancis, Jerman, Malaysia, Singapura yang terbanyak, serta dari Batam sendiri yang tergabung dalam Ikatan Sepeda Sport Indonesia.

“Iven internasional balap sepeda ini kami bekerja sama langsung dengan OCBC Singapura, Cycosport Singapura, Singapura Cycling Federation (SCF), serta International Cycling United (ICU) dan ISSI Batam sendiri,” kata Pebrialin.

Sementara menurut perwakilan SCF yang hadir, Toh Jun Hao, iven balap sepeda yang digelar di Batam kali ini, merupakan iven balap sepeda nasional Singapura yang pertama kali digelar di luar Singapura atau di negara lainnya yakni di Batam.

Pada balap sepeda kali ini dibagi dalam empat peleton yang terdiri dari beberapa kategori seperti Peleton I yakni Men’s Open dan Men’s Under dengan jarak 120 kilometer dan 108 kilometer, Peleton II ykni Men’s Master jarak 108 kilometer, Peleton III Men’s Junior A 84 km, dan masih banyak lagi.

Menurut perwakilan ICU atau organisasi sepeda internasional, Feoffrey Kronenburg, Batam dipilih sebagai tempat lomba karena Batam memiliki medan jalan yang sangat representatif. Begitu juga soal keamanan dan fasilitas pendukung lainnya seperti perhotelan juga sangat memadai. Makanya dipilihlah Kota Batam sebagai tempat untuk menggelar iven internasional ini. (gas)