Sejumlah orangtua antre saat menunggu pendataran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi di Sekolah dasar (SD) 010 Batamkota, Selasa (3/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pengumuman penerimaan calon siswa tahun ajaran 2018/2019 jenjang SD dan SMP diumumkan serentak hari ini, Sabtu (7/7).

Iklan

Di SDN 02 Batuaji misalkan, dari 212 calon siswa yang mendaftar, pihak sekolah sudah mengantongi 180 nama siswa yang diterima di sekolah yang berada di Kecamatan Batuaji tersebut .

“Besok (hari ini, red) pengumumannya. Nama-nama murid akan ditempel di sekolah,” ujar Kepala Sekolah SDN 02 Batuaji, Rohani, Jumat (6/7).

Dia mengatakan 180 nama tersebut sudah pasti akan menempati lima ruangan yang disiapkan sekolah.

“Murid yang lulus ini sudah melalui tahap penyeleksian,” katanya.

Rohani menyebutkan murid yang diterima 70 persen diambil dari jalur zonasi atau sebanyak 126 murid, 15 persen dari jalur bina lingkungan atau 27 murid, 10 persen dari jalur miskin atau 18 murid dan 5 persen untuk jalur luar zonasi.

“Jalur luar zonasi kuotanya sebanyak 9 orang, tapi karena yang mendaftar melalui jalur ini hanya empat orang, maka sisanya kami alihkan ke jalur bina lingkungan,” jelas Rohani.

Perempuan berkacamata ini juga memastikan tidak akan menambah jumlah murid yang diterima. Sebab, selain kuota siswa sudah ditentukan sesuai kemampuan sekolah, juga karena jumlah guru yang minim.

“Tak ada penambahan. Kalaupun ada intruksi dari Disdik itu tergantung dari laporan sekolah,” katanya.

Saat ini jumlah murid di SDN 02 Batuaji sebanyak 1281 orang. Jumlah itu kata Rohani sebenarnya sudah over kapasitas. Pasalnya ruangan belajar yang tersedia hanya 23 rombel.

“Kami punya 35 rombel, ruang kelas hanya 23. Tak cukuplah. Makanya kami menerapkan dua shift,” jelasnya. (une)