Sabtu, 20 April 2024

5 Langkah Persiapan Masuk Sekolah

Berita Terkait

Sejumlah guru SD Cendana, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam menyambut anak didiknya dengan menyalami mereka satu persatu. Budaya salam ini diharapkan bisa membentuk kepribadian anak didik agar selalu menghormati orang yang lebih tua. foto: Cecep Mulyana / batampos

Setelah hampir 1 bulan anak-anak berlibur, saatnya anak-anak kembali ke sekolah.

Kebiasaan anak saat liburan seperti kerap tidur lebih larut, jam bermain yang lebih panjang, dan menonton televisi lebih lama pun harus segera diubah kembali. Sebab, anak-anak memerlukan adaptasi kembali pada jam sekolah. Segala kebiasaan saat liburan pun harus dikontrol dengan segudang kegiatan belajar.

Untuk itu, diperlukan peran orang tua agar buah hati tidak kaget dan tetap semangat menjalani sekolah di tahun ajaran baru. Bagaimana caranya?

1. Mulai Membaca Buku Pelajaran

Liburan bisa membuat anak lupa akan pelajaran di sekolah. Untuk mengingatkan anak kembali akan pelajaran disarankan mulai menyelipkan beberapa buku edukasi ke dalam bacaannya disela-sela akhir liburan. Buku edukasi yang menarik dan penuh gambar bisa membantu anak menyimak dengan senang. Orang tua bisa memilih beragam pilihan buku edukasi berdasarkan minat dan kesukaan anak. Buku edukasi dengan gaya tulisan atau gambar bercerita juga bisa menjadi alternatif bacaan diwaktu malam sebelum anak tidur.

2. Tidur Cukup dan Mulai Bangun Pagi

Mengembalikan jam tidur menjadi normal juga penting untuk membiasakan anak-anak menghadapi rutinitas bersekolah. Dengan jumlah jam tidur yang cukup dan membiasakan kembali bangun pagi dan berkegiatan seperti mandi dan sarapan akan membuatnya merasa lebih segar ketika bangun di pagi hari dan memulai harinya saat kembali ke sekolah nanti.

3. Daftar Kegiatan Sekolah

Selain mengingatkan untuk belajar, anak juga akan semangat apabila diingatkan aktivitas yang dapat mereka lakukan di sekolah, terutama yang melibatkan teman-temannya. Bantu mereka untuk
menyusun daftar kegiatan yang bisa dilakukan setelah sekolah mulai.

4. Anak Bertemu Teman-temannya

Selain itu, coba untuk ajak anak bertemu dan bermain dengan teman-teman baiknya di sekolah menjelang akhir liburannya. Sehingga dia akan mengingat betapa serunya rutinitas bersekolah bersama dengan temannya itu dan menanti saat sekolah dimulai dengan gembira.

5. Persiapkan Kebutuhan Sekolah

Perlengkapan sekolah baru juga bisa menjadi hal yang membuat anak Anda semangat bersekolah. Mulai dari seragam, sepatu, tas, alat tulis sampai aksesoris yang lucu dan imut dengan beraneka bentuk. Dengan datang ke mal dan department store mungkin akan memakan waktu lama dan meletihkan, terlebih lagi dengan kondisi harus tetap memperhatikan aktifitas anak.

(ika/JPC)

Update