Bupati Bintan Apri Sujadi menerima penghargaan Manggala Karya Kencana 2018 yang diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani saat Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXV tahun 2018 di kediaman Gubernur Sulawesi Utara, Kota Manado, Jumat (6/7) malam. F. Dokumentasi Kominfo Untuk Batam Pos 

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi menerima penghargaan Manggala Karya Kencana 2018. Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Deby Maryanti menerima penghargaan Lencana Manggala Karya Kencana 2018. Keduanya dinilai telah berkontribusi dalam bidang kesehatan masya-rakat.

Iklan

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani saat Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 di Kediaman Gubernur Sulawesi Utara ,Jumat (6/7) malam lalu.

Penghargaan ini diberikan bagi individu yang berhasil memperjuangkan program program kesehatan. Bupati Bintan Apri Sujadi berada di rangking ke-7 dari bupati/wali kota se-Indonesia.

Apri Sujadi menyampaikan dirinya selalu memberikan perhatian dalam bidang kesehatan. Dalam kurun waktu 1 tahun lebih, Pemkab telah membentuk 11 Kampung KB tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan, lalu menjalankan program kesehatan gratis bagi masyarakat, menerapkan pelayanan KB gratis, menerapkan pelayanan konsultasi keluarga gratis serta membangun Balai Penyuluh KB.

Dia juga menyebutkan, program berobat gratis dengan KTP Bintan selama 2017 telah dirasakan 51.264 masyarakat Kabupaten Bintan. Selain itu berdasarkan data BKKBN Pusat didapat jumlah angka kesuburan dan melahirkan anak untuk di Kabupaten Bintan berada di angka 2,3 di bawah rata-rata nasional yaitu 2,8.

Jumlah angka peserta kontrasepsi modern di Kabupaten Bintan juga berada diangka 82,7 persen berada di atas angka rata-rata nasional yaitu diangka 78,9 persen. Sedangkan angka kelahiran menurut umur, memiliki persentasi 0,01 persen jauh di bawah rata-rata nasional 1,3 persen dan rata-rata provinsi berkisar 0,9 persen.

”Kesehatan menjadi prioritas kita. Dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat setidaknya mengurangi beban kehidupan mereka,” tutupnya.

Sementara Deby Maryanti menerima penghargaan Lencana Manggala Karya Kencana 2018 karena gagasan ide mencetuskan program pemeriksaan IVA dan kanker payudara gratis bagi kaum wanita setiap hari Kamis di puskesmas Kabupaten Bintan.
Karena gagasan tersebut, Deby Maryanti mendapatkan ranking ke-7 se-Indonesia dari seluruh TP PKK kabupaten/kota/provinsi yang ada di Indonesia.

Deby Maryanti menuturkan gagasan ide program karena dirinya ingin melihat wanita-wanita khususnya kaum ibu di Kabupaten Bintan terbebas dari penyakit kanker serviks dan kanker payudara.Terlebih kanker serviks dan kanker payudara saat ini masih menjadi penyakit nomor satu bagi kaum wanita.

”Tergerak hal itu, kita hanya ingin memproteksi, memastikan dan memberikan rasa aman bagi wanita khususnya kaum ibu di Kabupaten Bintan bebas dari kedua penyakit berbahaya tersebut,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan telah merilis bahwa pada 2017, melalui Program Pemeriksaan IVA dan Kanker Payudara Gratis setidaknya telah men-screening lebih dari 1.989 pasien wanita dengan catatan terdeteksi 9 orang pasien lesi prakanker serviks dan 1 orangnya positif menderita kanker serviks.(met)