Wabup Bintan Dalmasri Syam menyambut wisatawan dan kru Dream Cruises di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Lagoi, Sabtu (7/7). F. Slamet Nof asusanto/ batampos.co.id

batampos.co.id – Untuk pertama kalinya, kapal pesiar Dream Cruises berlabuh di Perairan Bandar Bentan Telani, Lagoi, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (7/7).

Kapal berlantai 18 sepanjang lebih dari 300 meter lego itu jangkar di Laut Bintan sekitar pukul 07.00 WIB. Sekitar 5.800 orang ada di dalam kapal yang terdiri dari 4.000 penumpang dan 1.800 awak kapal. Empat kapal feri Batam Fast disewa untuk mengantar dan menjem-put wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Bintan.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Dyam menyambut rombongan wisatawan dan kru kapal Dream Cruises yang dibawa kapal feri. Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Sujaya dan Presiden Dream Cruises Thatcher Brown turut di dalam kapal feri tersebut.

Thatcher Brown menjelaskan, Dream Cruises berlayar dan singgah di Jakarta, Surabaya dan Bali. Ini merupakan kali pertama Dream Cruises berlabuh di Perairan Bintan.
”Tiap akhir pekan kami akan ke Perairan Bintan untuk meneliti objek wisata di sini,” katanya.

Diungkapkannya jika manajemen Dream Cruises telah lama melakukan rencana untuk berlayar ke Perairan Bintan. Pelbagai survei dilakukan sampai membuat jadwal untuk berlabuh ke Bintan. ”Infrastruktur di Bintan cukup memadai dan fasilitas wisatanya memenuhi standar internasional,” ujarnya.

Selama ini kapal Dream Cruises telah lama singgah di Singapura. ”Tak baik kalau singgah di Singapura tak melihat Bintan, padahal orang dari jauh datang ke Bintan,” jelasnya.
Terakhir ia menyebut Perairan Bintan akan menjadi pelabuhan kapal-kapal pesiar lainnya. ”Ini kapal yang pertama. Tidak menutup kemung-kinan kapal-kapal lainnya yang dimiliki manajemen akan berlabuh ke Perairan Bintan,” ujarnya.

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala selaku pengelola Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi, Abdul Wahab menjelaskan, bahwa Dream Cruises bukan semata dikenal di regional Asia Pasifik namun dunia.

”Dream Cruises ialah Cruises line terbesar di dunia. Artinya mereka memiliki networking yang besar. Itu menjadi alasan PT BRC menjalin kerja sama ini, karena mereka memerlukan partner yang baik dan kami siap menjadi partner baik,” jelasnya.

Selain itu secara komersial, Dream Cruises mampu mendatangkan 4.000 wisatawan. Jauh dibanding pesawat yang hanya mampu angkut 300 wisatawan. (met)

Respon Anda?

komentar