ilustrasi

Pembaca batampos.co.id kebiasaan menggigit memang tak baik bagi kesehatan karena bisa mengantarkan bakteri masuk ke tubuh. Tapi selain itu, menggigiti kuku juga bisa mempengaruhi bentuk gigi.

Seperti dilansir dari Instyle, Senin (9/7), ada lima pengaruh buruk dari kebiasaan menggigit kuku tangan. Apa saja?

1. Bisa Sebabkan Infeksi Kulit

Kebiasaan menggigit kuku ternyata bisa menyebabkan infeksi kulit. Dokter kulit yang berbasis di New York City, Debra Jaliman, MD mengatakan kepada Health bahwa menggigit kuku meningkatkan risiko infeksi bakteri di bawah kuku, seperti paronychia yang dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan kuku yang penuh nanah.

2. Bahkan Bisa Sebabkan Radang Sendi

Menggigit kuku bisa terinfeksi paronychia. Jika paronychia atau infeksi bakteri lainnya berkembang di luar kendali, bukan tidak mungkin bisa menginfeksi sendi tangan.

Menurut dr. David Katz, MD, direktur Pusat Penelitian Pencegahan Universitas Yale, keadaan ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut septic arthritis, yang sulit disembuhkan dan mungkin memerlukan pembedahan. Namun, peradangan sangat jarang terjadi tapi bukan berarti tidak mungkin.

“Ini juga dapat menyebabkan cacat permanen, atau bahkan infeksi sistemik yang dapat mengancam jiwa,” kata dr. Katz.

3. Kelainan Bentuk Kuku

“Dari gigitan kuku yang parah, Anda dapat merusak matriks kuku (jaringan di bawah kuku yang sebenarnya) dan dapat memiliki kelainan bentuk kuku permanen seperti bubungan,” jelas dr. Jaliman.

4. Bisa Tularkan Herpes ke Jari Tangan dari Mulut

BUkan tidak mungkin kebiasaan menggigit kuku bisa menularkan bakteri yang ada dalam mulut. Seperti menularkan infeksi herpes ke jari-jari Anda.

5. Menggigit Dapat Merusak Gigi

Gigi Meinecke, DMD, seorang dokter gigi mengatakan kepada Health bahwa gigi depan yang retak dan patah adalah masalah paling umum yang dia lihat pada pasien yang sering menggigit kuku mereka. Menggigit kuku kronis bisa memecah gigi, menciptakan retakan yang meninggalkan noda gelap. Akan semakin jelek dari waktu ke waktu dan akhirnya membusuk.

6. Menggigit Kuku Bisa Pengaruhi Kekuatan Gigitan Gigi

Pengigit biasanya menggunakan gigi yang sama ketika menggerogoti kuku mereka. Tekanan berulang ini dapat bertindak seperti alat ortodontik, menggerakkan, dan memutar gigi. Sehingga, akan dapat mengubah ‘gigitan’.

(ana/JPC)

Respon Anda?

komentar