Seorang karyawan toko Rusmi dikawasan Tanjung Pantun yang menjual perlengkapan sekolah sedang melayani warga yang mencari seragam sekolah untuk anaknya, selasa (19/6). Warga mulai mempersiapkan perlengkapan sekolah bagi anaknya memasuki tahun ajaran baru. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Toko perlengkapan sepatu dan seragam sekolah terpantau ramai sepanjang hari kemarin, Minggu (8/7). Warga yang akan menyekolahkan anaknya mulai berburu perlengkapan sekolah sang anak seperti sepatu, tas, hingga seragam sekolah.

Iklan

Pantauan di komplek pasar Aviari dan Fanindo sepanjang hari kemarin terlihat padat merayap. Keramaian ini umumnya terjadi pada toko perlengkapan seragam sekolah dan sepatu. Rata-rata pembeli datang bersama anak mereka agar perlengkapan sekolah yang dibeli sesuai dengan ukuran anak mereka. “Ya gimana lagi, libur cuman hari Minggu jadi hari ini luangkan waktu untuk belanja memang seragan dan sepatu anak saya,” ujar Jhonson, seorang warga.

Erlin, pemilik salah satu toko pakain di pasar Aviari menuturkan sepanjang hari kemarin memang cukup ramai. Sejak toko buka pukul 10.00 WIB, langsung diserbu pengunjung. Pengunjung umumnya orangtua yang akan menyekolahkan anaknya sebab pakain yang diburuh adalah seragam sekolah.

“Mulai dari SD, SMP sampai SMA juga ada. Sampai siang ini sudah ada 50 an seragam yang terjual. Ya memang sudah masuk momennya seperti ini karena sebentar lagi sudah masuk sekolah,” ujar Erlin.

Senada disampaikan pemiliki toko sepatu. Saking ramai pengunjung pemilik toko bahkan sampai berulang kali keluarkan stok sepatu dari gudangnya. “Sudah dua kali saya ambil sepatu di gudang. Memang ramai kali sejak pagi tadi. Banyakan untuk anak SD dan SMP,” kata Surya, pemilik toko sepatu di Fanindo.

Di Pasar Sp Plaza diserbu orang tua yang hendak membeli perlengkapan sekolah. Pedagang Seragam, Hermanto menuturkan memasuki tahun ajaran baru penjualan perlengkapan seragam mengalami peningkatan. Meskipun tidak signifikan. “Meningkat 10 persen dari hari biasa,” ujar Hermanto, Minggu (8/7).

Pemilik Toko Busana Muslim ini mengatakan menjual seragam sekolah cukup murah. Sebut saja pakaian seragam SMA dan SMP lengan panjang, ia jual dengan Rp 170 ribu dan lengan pendek Rp 150 ribu. “Sementara itu, untuk seragam SD lengan panjang Rp 120 ribu dan lengan pendek Rp 100 ribu, ” sebutnya.

Dia mengatakan dalam sehari, tokonya bisa melayani 5 hingga 8 pembeli. “Sekarang meningkat hingga 2-3 orang pembeli,” ucapnya.

Sementara itu, pantauan Batam Pos di beberapa toko di Komplek Pasar SP Plaza, pembeli yang didominasi oleh orangtua ini datang membawa serta anaknya. Mereka langsung memilih seragam yang sesuai dengan ukuran tubuh anaknya yang hendak masuk sekolah. Ada juga sebagian remaja SMA yang terlihat memilih seragamnya.

Warga Batuaji, Nuriah yang membawa anaknya yang hendak masuk SD mengatakan baru membeli seragam. “Iya, setelah tahu anak saya diterima saya langsung beli seragam buat anak. Beli dua setelan seragam SD,” katanya.

Tahun ajaran baru ini, ujarnya orangtua tidak hanya sibuk membeli seragam, tapi juga perlengkapan sekolah seperti tas, alat tulis dan lainnya.

“Kalau anak masuk sekolah, orangtua pasti sibuk juga,” ujarnya sambil memilih seragam. (une/eja)