Gudang Bulog di Batuampar, Batam menyimpan stok beras untuk dikirim ke beberapa daerah yang membutuhkan. Gudang serupa akan segera dibangun di Tanjungbalai Karimun. F. Cecep Mulyana/batampos.co.id

batampos.co.id – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Batam akan membangun dua gudang logistik di Kabupaten Karimun. Gudang baru ini nantinya menjadi penunjang sarana pendistribusian logistik dari Bulog yang kini masih menyewa gudang.

”Ini sesuai arahan dari Pak Bupati untuk memenuhi kebutuhan sembako ke depannya. Dan direspons oleh pihak Bulog Divre Batam yang membawahi Kabupaten Karimun,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun, M Yosli, Selasa (10/7).

Namun, Bulog Divre Batam meminta agar Pemerintah Kabupaten Karimun mempersi­apkan lahan sekitar dua hektare untuk membangun dua gudang logistik tersebut.
Selanjutnya Bulog Divre Batam yang akan membangun gudang tersebut. Termasuk juga membangun perumahan bagi kepala gudang maupun petugas Bulog Divre Batam yang bertugas nantinya.

”Mereka (Bulog Divre Batam, red) meminta agar lahan tersebut tidak jauh dari pelabuhan. Su­paya pendistribusian dari ka­pal menuju gudang tidak me­makan waktu lama,” jel­asnya.

Dua gudang tersebut diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan stok beras maupun kebutuhan sembako lainnya seperti gula, tepung, kacang, maupun minyak goreng. Ke depan direncanakan pula pembangunan cold storage untuk penyimpanan daging beku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Karimun.

”Paling tidak tahun depan kebutuhan sembako bisa tercukupi dan harganya dapat lebih murah lagi. Tinggal tunggu kebijakan Pak Bupati, lahan mana yang akan kita hibahkan kepada Bulog Divre Batam,” ungkapnya.

Saat ini, kata Yosli, stok beras masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Karimun hingga dua pekan ke depan. Sebab Bulog masih terus memasok beras, juga ada yang berasal dari distributor beras yang terus memesan beras dari luar daerah Karimun.
”Kebutuhan pangan kita tetap terpenuhi dan harganya tidak melambung seperti tahun-tahun lalu,” ucap Yosli.(tri)

Respon Anda?

komentar