batampos.co.id – Sebanyak 66 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bintan mengikuti manasik haji di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan. Tepatnya di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Selasa (10/7).

Ketua Pelaksana Manasik Haji Kabupaten Bintan Ulil Amri menyampaikan, manasik haji bertujuan untuk memberikan pemahaman supaya JCH bisa menjalankan segala prosesi haji dengan benar dan kembali menjadi haji yang mabrur.

Dijelaskannya, manasik haji dilakukan selama dua hari mulai 10 sampai dengan 11 Juli 2018. “Sebenarnya manasik haji dilakukan sebanyak delapan kali untuk kecamatan dan dua kali untuk di Kabupaten Bintan,” bebernya.

Menurutnya, JCH Bintan akan bergabung dengan JCH Karimun dan Batam. Dijadwalkan JCH akan berkumpul di Batam pada 6 Agustus 2018. Lalu mereka akan diberangkatkan pada 7 Agustus 2018.

“JCH kita tergabung dalam kelompok terbang 2 dan diterbangkan tanggal 7 Agustus langsung dari Batam ke Jedah, Makkah,” ujarnya.

Saat ini diakuinya, JCH belum menerima buku manasik. Oleh karenanya pihak Kantor Kemenag Bintan terus melakukan koordinasi ke Kemenag Pusat.

Kepala Kemenag Bintan, Muhammad Nasir menjelaskan, kegiatan manasik haji untuk memberikan pemahaman kepada JCH. Oleh karenanya, pihak Kemenag Bintan juga mengundang setiap camat yang ada di Kabupaten Bintan. Tak hanya camat, Kantor Kemenag Bintan juga mengundang Kadis Kesehatan Bintan Gama AF Isnaeni untuk memeriksa kesehatan setiap CJH yang akan di-berangkat ibadah Haji. “Kegiatan ini untuk membekali mereka ketika berada di sana,” katanya.

Dia menyampaikan, pelayanan haji 2018 akan terus ditingkatkan sebagai bagian dari komitmen Menteri Agama. Selain itu ia menyarankan supaya CJH saling mengenal satu sama lain supaya memudahkan komunikasi ketika berada di Tanah Suci.(met)

Advertisement
loading...