Gubernur Kepri Nurdin Basirun panen ikan kerapu di Pulau Setokok, Selasa (10/7). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun melakukan panen perdana budidaya ikan laut hasil kerja sama PT Patwa Dimensi Sinergi Nusantara. Pemprov Kepri pun mencanangkan Setokok di Kelurahan Setokok, Kecamatan Galang, Batam, sebagai Kampung Kerapu.

Nurdin mengatakan banyak cara yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan perekonomian. Apalagi Kepri sebagai daerah Kepulauan maka sektor kelautan harus mampu dimanfaatkan dengan maksimal. “Kunci besar kita ada di kelautan harus diberdayakan semaksimal mungkin,” ujar Nurdin, Selasa (10/7).

Pemerintah, kata Nurdin, tidak bisa bekerja sendiri dalam mendongkrak semua potensi yang ada di Kepri. Nurdin menyanjung para pelaku usaha yang ikut memberikan sumbangsihnya. “Kerja sama dan kolaborasi terus kita lakukan, kami akan terus kawal pergerakan dan skala keberhasilan. Jika misalnya ada masalah di perizinan kami siap bantu.”

Selain mengembangkan potensi kelautan, saat ini pemerintah daerah juga terus berupaya menunjang sektor lain yang tak kalah penting, yak-ni pemerataan infrastruktur serta membangun dan meningkatkan sumber daya manusia daerah. “Pembangunan pelabuhan dan jalan kita akan terus upayakan dapat berjalan, selain itu SDM juga kita perhatikan, pembangunan USB untuk sekolah-sekolah juga kita lakukan dan merata di Kepri,” tambah Nurdin.

Sementara itu, Senin (9/7) Nurdin menghadiri Indenpendence Day 424 th Negara Amerika Serikat di Best Western Premier Hotel, Batam. Kesempatan itu, Nurdin mengapresiasi jajaran TNI dan Polri yang ikut turut serta menjaga daerah Kepri tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

Soal keamanan, Nurdin mengatakan akan menjamin kelancaran dan kemudahan dalam pengurusan izin jika banyak negara termasuk AS menambah investasi di Kepri.
“Perjalanan Dubes AS Joseph aman dan lancar di Kepri. Termasuk perayaan hari kemerdekaan AS ini berlangsung khidmat dan aman penuh keakraban. Ini menandakan Kepri sangat kondusif untuk berinvestasi,” tegas Nurdin saat menghadiri peringatan kemerdekan AS.

Soal infrastruktur dan posisi strategis Kepri, ditegaskan Nurdin, tidak perlu diragukan lagi oleh AS. Selain berada di jalur perdagangan internasional tersibuk di dunia, jalan-jalan di Batam sudah sangat lebar untuk kelancaran transportasi. Begitu juga dengan pelabuhan-pelabuhan laut dan udara.

Untuk investasi selanjutnya, Nurdin menawarkan kerjasama dalam bidang teknologi dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, budidaya perikanan serta pariwisata. Kerja sama tersebut tidak hanya untuk Batam, tetapi juga Karimun, Lingga, Bintan, Anambas dan Natuna. (bni)

Respon Anda?

komentar