Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi memeriksa pasukan pada acara upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-72 di Mapolda Kepri, Rabu (11/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pada peringatan HUT Bhayangkara Polri yang ke-72 di Mapolda Kepri kemarin, Tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Batam mendapat pringkat pertama dalam upaya pemberantasan pungli di Kota Batam.

Iklan

Menurut Ketua Tim Saber Pungli Kota Batam, AKBP Mudji Supriadi, penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dari seluruh Tim Saber Pungli Kota Batam.

“Tim Saber Pungli ini terdiri dari beberapa instansi. Mulai dari kepolisian, kejaksaan, TNI dan beberapa instansi lainnya. Penghargaan ini merupakan bentuk dari kerja keras dan kerja nyata kita selama ini,” ujar Mudji.

Dengan adanya penghargaan dari Kapolda Kepri tersebut, Mudji meminta kepada Masyarakat untuk berperan aktif melaporkan pungli, terutama dalam penerimaan peserta didik baru. Sebab, peran aktif masyarakat ikut mensukseskan kerja Tim Saber Pungli kedepannya.

Menurut Mudji, masyarakat dapat melaporkan dugaan yang ditemukan ke beberapa wadah, seperti situs internet, telepon, dan pesan singkat. Kepada masyarakat yang melapor, tentunya Tim Saber Pungli akan merahasiakan identitas masyarakat yang melapor tersebut.

“Kalau ada masyarakat yang menjadi korban pungli atau mengetahui adanya praktik pungli, silahkan menghubungi nomor hape saya atau nomor anggota tim saber pungli dan kita akan langsung bergerak untuk melakukan penyelidikan,” katanya.

Mudji menambahkan, selama ini Tim Saber Pungli melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) berdasarkan hasil penyelidikan anggota Tim Saber Pungli di lapangan. Partisipasi masyarakat tak hanya membantu pekerjaan Satgas Saber Pungli. Tapi, juga dapat memberikan pengawasan menyeluruh terhadap pelayanan publik di Kota Batam.

“Selama tahun 2017 hingga 2018 ini, kita telah melakukan OTT sebanyak 11 kali. Dengan pengungkapan ini, kita harapkan masyarakat tau jika Kota Batam mempunyai Tim Saber Pungli,” imbuhnya. (gie)