Iklan
Gubernur Kepri Nurdin Basirun melihat hasil TTG yang dipamerkan, Rabu (11/7). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan di zaman yang semakin modern ini masyarakat perlu paham tentang keberadaan teknologi. Masyarakat juga dapat memanfaatkan ide dan pikiran yang ada untuk menciptakan inovasi yang tepat dan berguna bagi kehidupan.

“Guna mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Nurdin saat membuka Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Kepri ke-7 Tahun 2018 di TCC Mall, Tanjungpinang, Rabu (11/7).

Nurdin bangga dalam perlombaan ini anak-anak mudalah yang tampil dan meng-hasilkan karyanya untuk masyarakat. Karena garda terdepan pembangunan di tangan para pemuda.

Penguasaan teknologi yang benar selain berguna bagi kemampuan pribadi juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan dukungan semua pihak, Nurdin yakin pengaruh yang signifikan akan terasa bagi pembangunan dan berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Pemerintah akan terus mendukung dan berupaya mendorong kreativitas tersebut agar dapat digunakan di tengah-tengah masyarakat,” tambah Nurdin.

Nurdin mengapresiasi hasil karya dan berpesan agar tidak cepat puas namun teruslah membumi. “Kita patut bangga hasil kreasi kita tapi teruslah belajar dan temukan terus inovasi yang berguna bagi khalayak banyak,” tutup Nurdin.

Sementara itu laporan ketua panitia yang juga Kepala Dinas PMD Sardison mengatakan tujuan diselenggarakan lomba salah satunya untuk meningkatkan kreativitas masyarakat juga untuk percepatan penggunaan teknologi. “Sebagai wahana untuk menggali inovasi masyarakat juga dapat memberikan alat bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari,” kata Sardison.

Lomba TTG sendiri diseleng-garakan selama tiga hari pada 11-13 Juli 2018 dengan total hadiah sebesar Rp 51 Juta dari 78 orang peserta inovasi telah diseleksi dan tinggal 30 orang peserta yang lolos dengan rincian 6 inovasi berasal dari Kota Tanjungpinang, 7 dari Kota Batam, 4 dari Kabupaten Bintan, 5 dari Kabupaten Lingga, 5 Kabupaten dari Karimun, 2 dari Kabupaten Natuna dan 1 dari Kabupaten Anambas. Nantinya alat yang dihasilkan akan dipajang untuk kemudian dinilai mana yang terbaik sekaligus untuk dapat dilombakan pada tingkat nasional.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Komisi I DPRD Abdurrahman, Kadis PU Abu Bakar, Kadis Perpustakaan Amir Husin, Kabiro Pembangunan Aries Fhariandi beserta tamu undangan lainnya.(bni)