batampos.co.id – Meski belum ada yang mendaftar, namun sudah ada 367 bacaleg yang sudah menjalani pemeriksaan tes kesehatan di RSUD Muhammad Sani Karimun. Tes kesehatan merupakan salah satu persyaratan untuk mendaftar sebagai bacaleg.

Iklan

”Benar baru 367 bacaleg yang sudah selesai pemeriksaan kesehatan. Kita tunggu saja sampai jadwal yang telah ditetapkan yaitu 17 Juli mendatang,” kata Direktur RSUD M Sani, dr Zulhadi, Kamis (12/7).

Dijelaskannya, pemeriksaan kesehatan yang dijalani meliputi tes kesehatan jasmani, rohani (kesehatan jiwa) dan tes bebas narkoba. Hasil tes akan diserahkan kepada bacaleg, tetapi tidak untuk dipublikasikan.

Sesuai dengan kode etik medis, hasil tes kesehatan tidak dapat diubah. ”Kita lakukan tes kesehatan sesuai dengan prosedur. Apapun hasilnya, harus diterima dengan lapang dada,” ujarnya.

Ketua DPD PAN Karimun Anwar Abubakar mengatakan, seluruh persyaratan bacaleg sudah hampir terpenuhi. Di antaranya surat keterangan sehat jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif dan sebagainya.

”Insya Allah, dalam waktu dekat kita akan antarkan berkas bacaleg ke KPU Karimun,” ujarnya.

Tes kesehatan adalah salah satu persyaratan yang harus dilampirkan bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat mendaftar. (tri)