Dari kiri, Hilwa Nafa Muyassar, Rina Dwi Astuti dan Edrick Belmiro Philbertio berfoto bersama di depan Sekolah Putra Batam, Batuaji, Kamis (12/7). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Sekolah Putera Batam di Batuaji kembali menunjukan kebolehan mereka sebagai sekolah berbasis National Plus. Hilwa Nafal Muyassar dan Edrick Belmiro Philbentio, dua siswa kelas 9 dipilih mewakili Kepri untuk Olimpiade Sains tingkat Nasional yang digelar di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 1 hingga 7 Juli lalu.

Bersaing dengan 396 peserta dari seluruh Indonesia, Hilwa dan Edrick tampil cukup memukau. Keduanya keluar sebagai juara ketiga yang meraih medali perunggu mewakili Kepri.

Materi yang dibawakan keduanya berbeda-beda. Hilwa membawa mata lelajaran IPS berhasil menyabet medali perunggu dan Edrick dengan materi mata pelajaram IPA masuk tiga puluh besar.

“Dari Kepri peserta semua ada sembilan orang dan hasilnya kami dua keluar sebagai nilai tertinggi untuk dari Kepri. Kalau secara nasional kami meraih medali perunggu atau peringat ketiga,” ujar Hilwa dan Edrick saat dijumpai di sekolah Putera Batam, Kamis (12/7).

Untuk mata pelajaran IPS materi perlombaan yang dibawakan Hilwa adalah mengamati dan menganalisa video venomena sosial seperti gempa bumi dan pasar apung di Banjarmasin. “Kalai IPS materinya lebih pada pengamatan dan analisis,” ujar Hilwa.

Sementara mata pelajaran IPA yang dibawakan Edrick adalah pengukuran silinder, perhitungan massa jenis dan pengamatan micrpskop. Untuk mata pelajaran IPA ini perlombaan meliputi metari dan praktek.

“Materinya cukup sulit seban disusun oleh pemateri profesional lulusan S2 semua. Makanya saya hanya masuk 30 besar,” ujar Edrick.

Secara umum materi yang diuji dalam perlombaan itu cukup sulit. Namun berkat persiapan yang matang serta dukungan yang luar biasa dari sekolah, keduanya bisa melewati perlombaan itu dengan baik.

“Sempat cemas dan gugup juga karena berhadapan dengan siswa pilihan terbaik dari seluruh daerah di Indonesia. Tapi karena ada persiapan yang cukup dan dukungan yang kuat khususnya dari guru pembimbing kami maka kami bisa lewati dengan baik,” tutur Edrick.

Kepala SMP Putera Batam Kiki Sumanti mengatakan, prestasi yang diraih kedua anak didiknya itu merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi sekolah Putera Batam. Sebagai bentuk apresiasi dari sekolah, Hilwa dan Edrick akan diberi reward khusus sebagai motivasi bagi siswa lainnya untuk terus menoreh prestasi kedepannya.

“Kami sangat bangga sebab bisa mengharumkan nama sekolah dan juga Kepri secara umum. Ini bukan yang pertama bagi kami karena sebelumnya sudah banyak prestasi lain yang kami raih,” tutur Kiki.

Prestasi-prestasi lain yang sudah ditoreh oleh sekolah Putera Batam diantaranya; juara tiga lomba pidato Bahasa Inggris tingkat kota Batam tahun 2017, juara satu perlombaan screable tingkat kota Batam tahun 2017 dan pernah masuk seleksi siswa berprestasi tingkay kota Batam.

Sekolah Putera Batam terdiri dari SD, SMP dan SMK. Sekolah yang berada di kelurahan Buliang Batuaji ini dilengkapi dengan fasilitas belajar mengajar yang mumpuni. Ruangan belajar fulk AC, terpantau kamera CCTV dan menggunakan infocus. (eja)

Respon Anda?

komentar