Bupati Karimun Aunur Rafiq (tengah) foto bersama empat pelajar yang akan menuntut ilmu di SMAN 1 Pemali, Bangka Belitung, Kamis (12/7). F. Dokumentasi PT Timah Wilayah Kepri dan Riau

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq melepas empat pelajar asal Karimun untuk melanjutkan ke tingkat SMAN 1 Pemali, Bangka Belitung, Kamis (12/7). Keempat pelajar tersebut, mendapatkan beasiswa dari PT Timah Wilayah kepri dan Riau melalui program beasiswa.

Iklan

”Mudah-mudahan tidak sampai di tingkat SMA saja, tapi hingga ke tingkat perguruan tinggi diberikan beasiswa. Khususnya para pelajar asal Karimun seperti keempat pelajar ini,” kata Rafiq.

Kepala Unit Metalurgi PT Timah Wilayah Kepri dan Riau Wiyono mengatakan, hingga sekarang pihaknya sudah mengirimkan tujuh pelajar asal Karimun ke SMAN Pemali Bangka Belitung. Tahun ini merupakan kali kedua pengiriman pelajar asal Karimun ke SMA tersebut, melalui jalur PPDB online.

”Dalam penyeleksiannya, kita turunkan tim dari Universitas Indonesia. Pelajar penerima beasiswa harus berasal dari keluarga kurang mampu,” jelasnya.

Akhirnya ditemukan empat pelajar yang memenuhi persyaratan untuk melanjutkan ke tingkat SMAN Pemali Bangka Belitung hingga selesai tanpa dipungut biaya sepeserpun.
Program beasiswa PT Timah menurut Wiyono terbuka untuk semua pelajar SMP yang ada di Kabupaten Karimun.

”Syarat pertama dari keluarga kurang mampu, kemudian menjalani beberapa tes yang sudah disiapkan tim penguji,” ungkapnya.

Keempat pelajar yang mendapat beasiswa tahun ini adalah dua orang perempuan, yaitu Wiwin Silfany dari SMPN2 Kundur Barat dan Nurizati dari SMPN 1 Belat. Lainnya ada dua anak laki-laki yaitu Muhammad Firdaus asal SMPN IT Cendekia dan Suryanto asal SMPN 1 Meral.(tri)