Sayur mayur di pasar.
Foto: batampos

batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menggelar rakor bersama Bulog dan beberapa distributor penyedia komoditas bahan pangan yang ada di Batam, Jumat (13/7) pagi.

Iklan

Rakor tersebut digelar untuk upaya peningkatan perhatian pemerintah terhadap persoalan-persoalan di sektor perdagangan seperti salah satunya menghidupkan kembali pasar pemerintah yang saat ini kondisinya mati suri.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Disperindag Kota Batam, Zarefriadi kepada Batam Pos.

“Seperti misalnya pasar pemerintah yang ada di Dapur 12 yakni Pasar Seroja. Saat ini kan kondisinya ditinggal sama pedagang dan belum efektif fungsinya. Dari situ mudah-mudahan kami bisa memulai menghidupkan kembali fungsi Pasar Seroja dengan cara mulai kembali menawarkan ke beberapa distributor, Bulog dan pedagang untuk sudi menggelar komoditas bahan pangan ke pasar tersebut,” terang mantan Kadisnaker Kota Batam ini.

Zaref, panggilan akrabnya, sangat mendorong sekali pihak Bulog dan distributor lainnya untuk sudi menggelar atau berjualan komoditas pangan di pasar pemerintah.

“Kami juga berharap kepada Bulog untuk bisa meningkatkan peran Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan programnya, supaya masyarakat itu dekat untuk mendapatkan komoditas bahan pangan. RPK itu kan di setiap kelurahan, bahkan setiap RW ada. Inilah upaya kami agar ada peningkatan kondisi pasar ataupun upaya kami menekan kelangkaan bahan pangan dan menekan melambungnya harga komoditas bahan pangan saat ini agar tetap bisa stabil,” kata mantan guru di SMK 1 Tanjungpinang ini.

Sementara Kabid Pasar Disperindag Batam, Zulkarnain mengatakan, pihaknya sudah mencoba beberapa strategi untuk menghidupkan kembali pasar pemerintah, tetapi masih juga sulit.

“Makanya mau tak mau kami harus bersinergi dengan beberapa pihak terkait seperti distirbutor komoditas pangan dan Bulog. Ini rencananya bulan depan sudah akan kami mulai. Kalau masyarakat ternyata nantinya antusias, kami akan patenkan dan rutinkan program ini,” terang Zulkarnain.

Sedangkan Kepala Bulog Batam, Agung Rochman menegaskan keterkaitan Bulog sendiri untuk mengoptimalisasi pasar pemerintah.

“Kami dari Bulog mungkin banyak hal yang bisa kami lakukan untuk membantu pemerintah menstabilkan harga komoditas pangan maupun upaya menghidupkan kembali pasar pemerintah. Intinya kami dari Bulog siap mensupport atau ikut menyediakan komoditas pangan,” terang Agung.

Nanti, lanjutnya, bentuknya bisa bermacam-macam untuk Bulog bisa mensupport pemerintah dalam menstabilkan harga pangan.

“Ini kan baru pembahasannya saja. Nanti akan ada tindak lanjut berikutnya,” kata Agung Rochman mengakhiri. (gas)