Iklan
ilustrasi

batampos.co.id – Jika wacana penerbangan langsung dari Batam menuju Korea dan sebaliknya terwujud, maka ada sejumlah maskapai yang tertarik untuk ikut bekerjasama.

Iklan

Salah satunya adalah PT. Garuda Indonesia. Maskapai plat merah tersebut tengah mengevaluasi rencana pembukaan trayek langsung dari Batam ke sejumlah negara. Banyak permintaan agar maskapai penerbangan bintang lima ini membuka rute penerbangan langsung ke Jeddah, Kanton dan kota-kota asal Wisatawan Mancanegara.

“Rencana itu sudah ada, tapi masih dalam tahap evaluasi,” ujar Plh GM Garuda Indonesia Batam, Shinta Gustiawaty belum lama ini.

Hingga saat ini belum ada rute langsung penerbangan internasional di Batam, kecuali ke Malaysia. Sejumlah turis asing yang ingin berkunjung ke Kepri harus lebih dulu ke Singapura, sebelum akhirnya menginjakan kaki di Batam.

Kondisi serupa juga dialami oleh masyarakat Batam yang ingin bepergian ke luar negeri. Mereka harus ke Singapura untuk mendapat layanan perbangan internasional ke negara tujuannya.

“Masukan dari Batam disampaikan ke kantor pusat untuk dievaluasi untuk penambahan jaringan Garuda,” jelasnya.

Garuda Indonesia masih optimis market penerbangan lansung internasional menguntungkan. Menurutnya pasar Batam cukup tinggi, terutama dari dan menuju Jeddah dan beberapa negara di Asia Timur.

Terkait penerbangan langsung dari Batam ke Jeddah, Garuda Indonesia telah melakukan pertemuan langsung dengan sejumlah penyelenggara Umrah di Batam. Hasil pertemuan tersebut menunjukan bahwa pasar di Batam sangat besar untuk penerbangan menuju Jeddah.

Namun masih ada sejumlah aspek yang harus menjadi dipertimbangkan oleh maskapai penerbangan bintang lima ini. Diantaranya adalah mengenai ketersediaan armada dan rotasi pesawat.

“Market saya yakin banyak animonya. Tapi kita kembalikan ke Pusat untuk melihat ketersediaan pesawat dan rotasinya,” tuturnya.(leo)