Jumat, 29 Maret 2024

PLN Segera Aliri Listrik Dua Zonasi

Berita Terkait

PETUGAS PLN mulai memasang jaringan kabel listrik di dua wilayah zonasi yang selama ini belum teraliri listrik, Minggu (15/7). H. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – PLN Karimun berkomitmen mengalirkan daya listrik di dua zonasi milik PT Soma Daya Utama (SDU) dan PT Kariun Power Plant (KPP). Langkah ini diambil PLN setelah dua pemilih area itu sepakat.

”Walaupun kewenangannya di provinsi, tapi kami tetap terus mendesak agar segera dicari solusi. Setelah rapat di Kementerian ESDM beberapa waktu lalu, diputuskan bahwa PLN bersedia menyalurkan listrik ke pelanggan rumah tangga yang masuk dalam daftar tunggu. Termasuk perumahan bersubsidi di dua zonasi dan fasilitas umum Puskesmas Meral Barat, serta Penerangan Jalan Umum (PJU),” ujar Kadis Perdagangan dan Koperasi Karimun, M Yosli, Minggu (15/7).

Saat ini daftar tunggu pelanggan listrik sudah ada sebanyak 969 rumah yang terdapat di dua zonasi yang dikelola oleh PT SDU serta PT KPP. Terbanyak berada di zona dua yang dikelola PT KPP yakni sebanyak 816 pelangan. Sementara untuk di zona satu yang dikelola PT SDU hanya ada sebanyak 153 pelanggan.

”Yang jelas dalam waktu dekat ini daftar tunggu pelanggan listrik sudah dapat teraliri listrik. Artinya kesepakatan semuanya sudah disetujui termasuk kedua perusahaan pemegang wilayah usaha penyedia tenaga listrik,” terang M Yosli.

Sementara Manajer PLN Karimun, Chrisman Ariando saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya akan segera menyalurkan listrik ke dua wilayah zonasi yang dikelola PT SDU dan PT KPP. Hanya saja menunggu finalisasi administrasi sebagai acuan payung hukum untuk menyalurkan listrik ke pelanggan yang sudah masuk daftar tunggu. ”Kami masih menunggu surat resmi kesepakatan yang sudah direvisi,” ujar Chrisman.

Kabar PLN akan menyuplai listrik di dua wilayah, disambut suka cita beberapa pengembang perumahan yang mendirikan perumahannya di dua wilayah yang saat ini belum teraliri listrik di Karimun. Seperti pengembang perumahan subsidi, Supriyanto. Ia mengaku senang mendapat kabar kepastian akan dialirinya listrik di dua wilayah.

Alhamdulillah sudah ada jawaban pasti terhadap polemik zonasi kelistrikan di Karimun. Saya selama ini kasihan dengan masyarakat yang sudah terlanjur membeli rumah subsidi di dua wilayah yang belum teraliri listrik. Masak tiap hari rumah tak pernah ada listrik, jadinya aktivitas sehari-hari warga terganggu,” te­rang Supriyanto.

Pantauan Batam Pos di lapangan, sejumlah tiang listrik milik PLN yang sudah berdiri, sa­at ini sudah mulai dipasang pera­latan jaringan kabel listriknya di dua wilayah yang belum teraliri listrik.

Sementara di tiga zonasi saat ini, zonasi pertama PT (SDU) ada 3 titik PJU yang dipasang, kemudian di zonasi dua PT KPP ada 22 titik PJU baru dan zonasi ketiga yang dikelola PT PLN ada 57 titik PJU baru. (tri)

Update