Rabu, 24 April 2024

3.462 Siswa Baru Jalani MPLS

Berita Terkait

Sejumlah calon siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti apel Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di lapangan Pamedan Tanjungpinang, Seni (16/7). F.Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Sebanyak 3.462 siswa baru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Tanjungpinang, memulai tahun ajaran baru dengan mengikuti apel bersama di Lapangan Pamedan Ahmad Yani. Apel dipimpin Pj Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, Senin (16/7).

Raja meminta kepada pihak sekolah agar selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sekolah menekankan pendidikan karakter pada seluruh siswa baru.
“Guru harus berhasil memfasilitasi penjelasan wawasan pendidikan karakter kepada siswa tentang pendidikan baru yang akan ditempuhnya,” ucap Ariza.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang HZ Dadang AG, juga berpesan agar selama masa aktivitas pengenalan dilangsungkan, guru mengisinya kegiatan-kegiatan kreatif yang bermutu. ”Kami harap, MPLS berjalan dengan baik, sehingga memberikan manfaat pada peserta didik baru,” tutur Dadang, kemarin.

Satu hal yang kemudian menjadi hal penting untuk diperhatikan, sambung Dadang, adalah mengenai tidak boleh adanya aktivitas masa pengenalan yang berujung perpeloncoan. Pengenalan lingkungan sekolah harus diisi dengan beragam kegiatan kreatif yang merupakan pokok utama dalam MPLS selama tiga hari ke depan.
“Baru setelah itu kegiatan belajar-mengajar efektif dilakukan dalam kelas,” pungkas Dadang.(aya)

Update