Iklan

batampos.co.id – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal bersama wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti melepas keberangkatan jemaah calon haji (JCH) ke Tanah Suci Makkah di Masjid Agung Natuna, Senin (16/7). Pelepasan tersebut ditandai dengan pemasangan kacu kepada dua perwakilan jemaah tertua dan termuda oleh Hamid Rizal. Dan dilanjutkan dengan bersalaman baik dari pemerintah daerah maupun keluarga jemaah yang ikut mengantarkan di Masjid Agung.

Iklan

Pada saat pelepasan, Hamid mengingatkan, agar seluruh JCH Natuna dapat mengendalikan sifat sombong sesama umat selama menjalankan ibadah haji. Dan saling bantu dan membantu sesama rombongan.

“Di Tanah Suci kita tidak boleh sombong sedikitpun. Sifat ini dapat mendatangkan bahaya secara langsung bagi kita saat berada di Tanah Suci. Tetap rendah hati, maksimalkan waktu untuk beribadah selama di sana,” pesan Hamid.

Pihaknya berharap, seluruh jemaah haji asal Natuna mendapatkan haji yang mabrur dan selamat hingga kembali ke Tanah Air. Dan memperbanyak istigfar untuk meminta ampunan selama di sana. “Pemerintah daerah mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji. Semoga dapat haji yang mabrur,” ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Natuna Ahmad Husaen mengatakan, tahun ini JCH asal Natuna sebanyak 88 orang, satu di antaranya tenaga pendamping jemaah dari Kemenag. Mereka diberangkatkan ke Batam untuk segera diterbangkan ke Makkah melalui Embarkasi Batam menuju Bandara Internasional Madinatul Munawwarah.

”Jemaah Natuna bergabung dalam kelompok penerbangan pertama, dari Batam diterbangkan ke Madinah. Tapi ada satu yang masih ngurus administrasi, nanti yang bersangkutan akan diberangkatkan dan akan gabung pada Kloter 27,” jelas Husen mengakhiri.(arn)