Selasa, 19 Maret 2024

Palapa Ring Barat Belum Difungsikan

Berita Terkait

batampos.co.id – Poyek palapa ring barat (PRB) di Natuna sudah rampung, namun, hingga kini belum difungsikan untuk kebutuhan telekomunikasi. Pemkab Natuna menyebut belum difungsikannya Palapa Ring Barat (PRB) tersebut disebabkan pemerintah pusat belum menentukan tarif jual kepada operator seluler. Akibatnya, jaringan telekomunikasi berbasis fiber optik tersebut belum jelas kapan akan difungsikan.

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Natuna Raja Darmika mengakui, berdasarkan informasi dari pihak PRB selaku kontrakor pelaksana, proyek tersebut sudah selesai dan siap operasi saat ini. Selanjutnya ditentukan Kementerian Keuangan untuk menentukan tarif jual kepada operator.

Menurutunya, saat ini NOC di Bandarsyah itu sudah memancarkan jaringan internet, dan bisa dimanfaatkan warga sebatas layanan wifi. “Tapi belum digunakan operator seluler,” ujar Darmika, Senin (16/7).

Sejauh ini pemerintah daerah pun baru sebatas mendapat informasi lisan dari pihak PRB maupun pihak Kemenkoinfo. Namun jika dalam waktu ini belum ada kepastian, pemerintah daerah akan menyurati pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi. Supaya PRB di Natuna segera difungsikan dan dimanfaatkan operator seluler maupun layanan Telkom.

”Sekarang operator seluler sudah memasang jaringan untuk mendukung layanan PRB, seperti Telkomsel mulai pasangan kabel fiber optik.Mudah-mudahan PRB di Natuna itu cepat difungsikan,” ujar Darmika.

Saat ini di Natuna terdapat beberapa operator seluler, namun dalam cuaca tertentu akan terjadi gangguan karena masih menggunakan satelit yang rawan cuaca buruk seperti angin kencang serta hujan lebat. Bahkan dibeberapa pulau, operator seluler masih mengandalkan jaringan 2G.(arn)

Update