Kamis, 28 Maret 2024

Siswa Baru Hanya 3 Orang

Berita Terkait

batampos.co.id – Jumlah siswa baru untuk beberapa sekolah dasar negeri (SDN) di wilayah Moro sangat minim. Beberapa sekolah siswa barunya tak sampai 10 orang.

”Tidak hanya yang mendaftar pada tahun ajaran baru sekarang. Untuk jumlah seluruh siswa dari kelas satu sampai kelas enam saja tidak sampai 50 orang,” ujar Staf Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karimun di Moro, Zulkifli, Selasa (17/7).

Sebagai contoh, katanya, berdasarkan data yang ada untuk SDN 016, jumlah siswa baru yang mendaftar tahun ini hanya 7 orang. Terdiri dari 1 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Jumlah keseluruhan siswa di sekolah dasar tersebut hanya 37 orang.
Tidak hanya itu, untuk kelas tiga di sekolah tersebut jumlah siswanya hanya dua orang. ”Kondisi ini terjadi bukan baru tahun ini saja. Sudah sejak dulu begitu,” ungkapnya.

Minimnya jumlah siswa di sekolah tersebut membuat ujian akhir sekolah yang berlangsung beberapa bulan hanya diikuti 6 siswa. ”Kondisi seperti ini memang benar terjadi. Apalagi lokasi sekolah tersebut berada di dusun. Jumlah kepala keluarga (KK) yang ada di dusun tersebut sekitar 50-an saja,” sebutnya.

Kondisi yang sama disampaikan Kepala SDN 008 Rosnin. Di sekolah tersebut, hanya ada tiga siswa yang mendaftar tahun ajaran baru ini. Sekolah yang dipimpinnya di Tanjungsemokol merupakan satu-satunya SD yang ada di sana.

Kebetulan usia sekolah untuk masuk SD hanya ada tiga siswa tersebut. Total siswa untuk sekolah ini dari kelas satu sampai kelas enam hanya 34 siswa. Ujian akhir beberapa waktu lalu hanya diikuti 4 siswa.

”Menurut saya sepinya anak-anak usia sekolah di daerah ini disebabkan penduduk usia subur banyak berpindah ke luar daerah,” ungkapnya.

Rosnin menyebutkan sekolahnya lengkap. Dari kelas satu sampai kelas enam lokalnya lengkap. ”Untuk guru-guru juga lengkap. Apalagi SD di Tanjungsemokol hanya ada satu. Jika sudah tamat SD biasanya melanjutkan ke Dusun Niur, Pulau Sugi,” jelasnya.(san)

Update