Sabtu, 20 April 2024

Pencarian Nelayan Hilang Terkendala Cuaca

Berita Terkait

TIM Basarnas Tanjungpinang mencari nelayan yang hilang di perairan Pulau Pangkil Besar, Kabupaten Bintan, Rabu (18/7). F. Basarnas untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan sampai saat ini nelayan Desa Air Kelubi, Kecamatan Bintan Pesisir, Muani, 50, yang hilang saat melaut di Perairan Pulau Pangkil Besar, Kabupaten Bintan, Senin (16/7) lalu belum ditemukan.

”Hingga saat ini nelayan tersebut juga belum kembali. Warga Desa Air Kelubi sendiri belum mencari ke daratan Pulau Pangkil Besar karena cuaca buruk pada saat itu,” kata Budi saat dikonfirmasi, Rabu (18/7).

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterima, korban pergi melaut ke Perairan Pangkil, Senin (16/7). Selanjutnya, Selasa (17/7) nelayan di sana menemukan boat pancung yang dinaiki korban tersangkut di batu karang. ”Informasi terakhir, korban memakai baju Partai Demokrat,” kata dia.

Ia juga mengatakan, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), awalnya pihak BNPP Tanjungpinang memastikan kebenaran informasi kehilang-an korban. Saat ini, Basarnas Tanjungpinang akan menggerakkan kapal penyelamat atau Rescue Boat (RB) 209 ke lokasi pencarian. ”Kami akan bergabung dengan Tim SAR yang sudah ada di lapangan,” katanya.

Sementara, dua nelayan asal Kelong yang hilang kontak saat melaut di Perairan Berakit, belum lama ini juga belum ditemukan. Informasi yang beredar, keduanya masuk ke perairan Malaysia.

”Dua nelayan yang hilang kontak juga masih nihil dan dari Pihak MRCC (Maritime Rescue Coordination Center) Malaysia juga belum menginfokan kalau mereka menemukan korban,” katanya.

Kasat Polair Polres Bintan AKP Norman DJ yang ditemui di Tanjunguban, Rabu (18/7) siang mengakui ada nelayan Desa Air Glubi yang dikabarkan hilang saat melaut. Hingga saat ini, nelayan tersebut belum kembali ke rumahnya.

Dia juga tak menampik saat ini kondisi cuaca di Perairan Bintan kurang bersahabat. Ketinggian ombak bisa mencapai 2 sampai 3 meter. Oleh karena itu, ia mengimbau para nelayan berhati-hati saat melaut. (met)

Update