Iklan
Dua orang warga sedang memilih daging ayam di Pasar Mega Legenda Batamcenter, Kamis (19/7). Harga daging ayam di pasar tersebut berkisar 40 ribu per kilo. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Saat ini harga ayam potong di pasar sudah menembus lebih dari Rp 40 ribu perkilogramnya. Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu pemilik distributor utama ayam potong di Batam PT Kartika Inti, Acin, Rabu (18/7) sore. Naiknya harga ayam potong sendiri, lanjut Acin, sudah berlangsung sejak awal bulan Juli.

Iklan

“Kami sebelum bulan Juli ini, ambil ayam potong dari pemasok di Jakarta perkilogramnya Rp 33 ribu. Sekarang ini dari Jakarta harga ayam potong sudah menembus Rp 38 ribu per kilogramnya. Berarti ada kenaikan harga yang signifikan dari pemasok utamanya mencapai Rp 5 ribu per kilogramnya,” ujar Acin.

Tak hanya mahal. Pasokan ayam potong, lanjut Acin, saat ini sangat langka sekali. Bahkan dari pemasok utama yang di Jakarta sampai kehabisan pasokan dari daerah kantong perternakan seperti di Jawa Timur.

“Saya dari awal Juli sudah pesan ke distributor pemasok ayam potong yang di Jakarta agar mengirim beberapa ton ayam potong ke Batam. Namun oleh distributor di Jakarta mengatakan di Jakarta pun daging ayam potong juga susah didapat. Kabarnya tak hanya di Jakarta saja, di Jawa yang katanya sentra peternakan ayam potong pun juga langka. Pasokan ke Jakarta tersendat karena tak ada barang. Otomatis hal itu berdampak ke saya selaku distributor di Batam,” terang Acin.

Kalau harga mahal tapi pasokan barang masih ada atau lancar, lanjut Acin, hal itu mungkin masih bisa dimaklumi distributor atau pedagang ayam.

“Ini sudah harga selangit, pasokan pun tak ada. Imbasnya saya mungkin dalam lima sampai enam hari lagi tak akan bisa lagi jualan ayam potong. Stok ayam potong yang ada sekarang ini sisa di bulan Juni. Untuk stok pengambilan baru macet sama sekali. Jadinya distributor ayam di Batam ini terancam tak bisa jual ayam lagi karena tak ada barang atau pasokan,” kata Acin.

Acin mengaku dirinya akan menjual atau memasok ayam potong lagi ke pedagang pasar, setelah pasokan dari Jawa kembali lancar.

“Habis stok ya habis lah saya tak jual ayam. Untung masih ada daging sapi yang tak ikut langka,” ujar Acin mengakhiri. (gas)