Jumat, 19 April 2024

Nelayan Madong Panen Perdana Ikan Kerapu

Berita Terkait

Masyarakat Desa Madong, Tanjungpinang panen perdana budidaya ikan kerapu bantuan CSR Pertamina. Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan para pejabat Pertamina turut memanen, Jumat (20/7). F. Cipi Ckandina

batampos.co.id – Masyarakat Madong yang bekerja sebagai nelayan sudah bisa tersenyum lebar. Ikan kerapu hasil budidaya keramba sudah mulai panen perdana di Desa Madong, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Jumat (20/7).

Hal itu tak lepas dari peran Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I melalui program corporate social responsibility (CSR) bina lingkungan. Tujuannya, untuk meningkatkan ke-sejahteraan dan kemandirian masyarakat di wilayah Tanjungpinang melalui pengembangan Kelompok Ekonomi Masyarakat (KEM) Madong.

”Berkat keberhasilan KEM Madong, sukses panen raya perdana ikan kerapu. Budidaya ikan kerapu kini menjadi mata pencaharian utama masyarakat Madong. Hasilnya luar biasa, bisa mencapai satu ton,” ungkap Unit Manager Communication dan CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto di Madong, Jumat (20/7).

Pertamina, kata Rudi, memberikan bantuan modal senilai Rp 300 juta ditambah Rp 100 juta untuk operasional. Bantuan tersebut dalam bentuk 11.000 bibit ikan kerapu, 150 buah keramba, pondok pertemuan, serta perlengkapan budidaya lainnya.
Rudi berharap, bantuan ini sebagai pancingan, agar terus bergulir. Sehingga, bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

”Mudah-mudahan ke depan terutama yang sudah menjadi anggota KEM, bisa menjadi pengusaha olahan ikan. Pertamina bisa bantu modal usaha melalui program kemitraan,” jelasnya.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memberikan apresiasi atas keberhasilan Pertamina dalam mengembangkan KEM Madong menjadi salah satu pusat budidaya ikan kerapu terbaik di Tanjungpinang.

”Terimakasih Pertamina atas bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada masyarakat Desa Madong. Sehingga daerah ini menjadi pusat budidaya ikan kerapu terbesar di Tanjungpinang,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Pj Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza. Ia mengapresiasi Pertamina atas usahanya mengembangkan taraf hidup masyarakat yang tergabung dalam KEM Madong.

”Berkat Pertamina, masyarakat di kawasan Desa Madong mampu mendapatkan penghasilan yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara di Batam, PT Pertamina MOR I melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hang Nadim, Batam memberikan bantuan ekonomi berbasis usaha kecil dan mikro berbentuk modal usaha, pelatihan skil bagi para pemuda produktif, dan alat kesehatan untuk posyandu.

”Bantuan ini merupakan program CSR Desa Berdaya Pertamina DPPU Hang Nadim bagi masyarakat Kelurahan Batu Besar,” kata Operation Head DPPU Hang Nadim, Sukamto.(cca)

Update