Iklan
Bupati Bintan Apri Sujadi saat berkunjung ke SDN 003 Kecamatan Bintan Timur, Jumat (20/7) lalu. F. Kominfo Bintan untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan mengalokasikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) sebesar Rp 2 miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk membantu sekolah untuk memaksimalkan pelayanan dan mutu pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Bintan.

Iklan

Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan, saat ini BOSDA semester I sudah mulai disalurkan. Harapannya BOSDA bisa ikut membantu program pendidikan gratis di Kabupaten Bintan.Ia menjelaskan setiap Sekolah Dasar (SD) akan menerima BOSDA sebesar Rp 16 juta, sedangkan SMP sebesar Rp 19 Juta per sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir menuturkan BOSDA merupakan bantuan biaya operasional sekolah dari APBD tahun 2018 sebagai suporting BOSNAS yang selama ini diberikan dari pusat. “Karena pembiayaan masih belum standar nasional pendidikan, makanya Pemkab menganggarkan dana BOSDA,” katanya.

Ditambahkannya juga peruntukkan BOSDA tidak sama dengan BOSNAS, sehingga nantinya tidak akan terjadi tumpang tindih dalam penggunaannya. Karena BOSDA banyak digunakan untuk peningkatan penataan lingkungan sekolah, peningkatan program penguatan pendidikan karakter danbpeningkatan sarana lainnya.

”Jadi ini sebenarnya upaya Pemkab mendukung bidang pendidikan dengan ikut membantu operasional sekolah agar sesuai dengan standar pembiayaan yang dibutuhkan sekolah,” tukas Tamsir. (met)