Jumat, 29 Maret 2024

Khalid Basalamah Ajak Umat Kunjungi Palestina

Berita Terkait

Ustaz Khalid Basalamah. F. Panitia Tabliq Akbar untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Warga Batam tetap antusias menghadiri hari terakhir tabliq akbar bersama ustaz Khalid Basalamah, Minggu (22/7).

Acara yang di gelar selama tiga hari di Masjid Sukajadi ini selalu ramai, bahkan jamaah banyak rela duduk di area parkiran masjid yang telah disiapkan panitia dengan alas sebagai antisipasi jika bagian dalam masjid tidak muat.

Setelah membahas tema Generasi Emas Islam, hari kedua Ustaz Khalid membahas tentang Palestina yang Terlupakan. Tema ini juga sama dengan judul buku uang ditulis Khalid Basalamah yang baru diterbitkan. Buku tersebut ditulis untuk menepis keraguan umat islam yang selama ini takut datang ke Palestina.

Khalid menjelaskan, Allah mengistimewakan Makkah, Madinah, dan Palestina di atas tempat-tempat lain di muka bumi.

Di tiga kota tersebut, terdapat tiga masjid suci yang dianjurkan untuk didatangi oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Yakni Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al-Aqsa di Palestina.

“Masjid al-Aqso adalah Masjid kedua yang dibangun dimuka bumi oleh nabi İbrahim setelah Masjidil Haram, dan masjid ini kiblat pertama umat islam sebelum kabar,” terang Khalid.

Kisah ini membuktikan bahwa Palestina itu adalah hak kaum muslimin. Karena kaum muslimin sudah ada di Palestina sebelum Yahudi masuk ketika dibawa nabi Musa setelah berhasil Kabur dari Firaun.

Palestina menjadi istimewa, lanjut Khalid karena negeri tersebut adalah negeri para nabi yang telah diberkahi Allah ta’ala. Hal ini dijelaskan dalam beberapa surat yang ada dalam alquran. Diantaranya surah al-Isra (17:1), al Anbiya (21:71, 81), al A’Araf (7:137), surah Saba’ (34:18), al-mukminum (23:50). Selain disebutkan dalam ayat-ayat Alquran keutamaan negeri Palestina juga terdapat dalam hadis.

“Palestina adalah wilayah tujuan hijrah setelah Madinah, karena dajal tidak bisa masuk ke area masjid al-Aqso,” jelas Khalid.

Lalu dengan kondisi Palestina yang dijajah Israel saat ini umat islam dari negara lain apakah bisa berkunjung ke Palestina khususnya Masjid Al-Aqso?

Khalid meyakini saat ini yang dibutuhkan saudara muslim di Palestina yang utama bukan bantuan materi, tapi kunjungilah mereka disana dan doakanlah mereka.

“Pesan yang saya tangkap dari beberapa kunjungan saya ke Palestina, mereka lebih berharap umat islam datang, ini salah satu hal yang menguatkan mereka kalau masih ada saudara muslim di luar sana yang peduli,” papà Khalid.

Selain karena ada keutamaan yang dijanjikan Allah untuk mengunjungi Palestina, banyaknya umat muslim yang datang ke Palestina juga akan membantu perjuangan Palestina menghentikan penjajahan.

Dari pengamatannya disana tentara Israel tidak mengganggu orang asing. Kondisi disana tidak tidak menakutkan seperti yang diberitakan. Bahkan negara Turki saat kata Khalid memiliki beberapa rute penerbangan langsung ke Israel dengan tujuan utama untuk mangakomodir rakyat muslim Turki bisa datang ke Palestina.

“Justru apa yang terjadi saat ini ada upaya propaganda berita yang membuat muslim dari luar Palestina enggan datang ke Palestina,” ucap Khalid.

Selain membahas Palestina, dihari ketiga atau hari terakhir tabliq akbar, tema yang diangkat mengenai Managemen Rumah Tangga yang Islami.

Ustaz memaparkan rumah tangga ibarat suami istri yang bekerja di perusahaan yang dimiliki Allah Ta’ala. “Ada hak dan kewajiban yang harus dipahami, tanpa memahami hak dan kewajiban inilah jadi penyebab gagalnya rumah tangga, dan memilih pasangan yang baik sesuai syariat islam juga sangat menentukan,” papar Khalid. (dew)

Update