batampos.co.id – Kompetisi para pecinta fitnes yang populer dengan sebutan Crossfit workout of the day (WOD) berlangsung selama dua hari di Johor Baru, Malaysia, Sabtu-Minggu 21-22 Juli 2018. Kompetisi internasional diselenggarakan oleh EduCity Johor Bahru.

Ini pertamakalinya kompetisi tersebut diselenggarakan di pusat pendidikan di kawasan Iskandar itu.

Setelah melalui babak penyisihan, kompetisi dengan tema One Shot EduCity  Fitness Challenge, tim dari Malaysia dan Brunei Darussalam memenangkan kompetisi pada katagori masing-masing.

Juara pertama katagori Rx’d, Darren Chai dan Stephanie Liew (Slow Burn, Brunai). Juara kedua, Aziz Mohamed dan Amira Ayob (Aggressively Average, Malaysia), dan juara ketiga Krys Lim Kang Yin dan Whitney Yeo (Rookie, Singapura.

Adapun pemenang pertama katagori Scaled, Slow Jian Yang dan Megan Foo (Miow, Malaysia), juara kedua Raymond Deou dan Emily Ooi (Giat Penangkia, Malaysia), dan pemenang ketiga Javen Yeoh dan Koay Jin May (Worth Every Donut, Singapura).

Stephanie, 21, dan Darren, 29, mengatakan mereka sudah sering mengikuti lomba serupa. Baik di negaranya maupun di luar negeri. Bulan lalu mereka mengikuti kompetisi di Kota Kinabalu, Malaysia, dan bulan September di Jakarta. Stephanie adalah atlet tenis meja, sementara Darren atlet basket.

“Kami tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti kompetisi ini karena mepet sekali. Tetapi kamu sudah sering mengikuti lomba ini, ” ujar Stephanie, Minggu (22/7).

Kompetisi yang berlangsung di EduCity Sport Complex, Iskandar Puteri, Johor, ini memberikan total hadiah sebanyak RM 10. 000 atau kurang lebih Rp 36 juta. Sebanyak 36 tim berpartisipasi dari tiga negara pada lomba ini. Malaysia, Singapura, dan Bruani Darissalam. Sayangnya tidak ada dari Indonesia. Padahal kompetisi serupa akan diselenggarakan juga di Jakarta.

Crossfit

WOD ini sudah populer di Singapura dan Malaysia. Kompetisinya pun cukup sering digelar di banyak negara seperti Malaysia, Singapura, Brunai Darusalam, dan Indonesia.
Satu tim terdiri dari laki-laki dan perempuan. Mereka adalah penggemar olah raga fitnes atau olah raga lainnya. Karena Crossfit WOD merupakan tantangan olahraga fitnes yang terdiri dari beberapa set latihan ekstrim dalam waktu yang telah ditentukan.

PadaOne Shot EduCity  Fitness Challenge ini sendiri, ada dua kategori yang diperlombakan
, yakni katagori Rx’d dan katagori Scaled. Katagori Rx’d untuk peserta yang sudah profesional. Sementara untuk peserta semi profesional dengan tantangan yang lebih ringan. Tantangannya berupa angkat besi lima set, push-up, dan bersepeda.

Chief Operating Officer of EduCity Iskandar Malaysia Sdn Bhd, Sugu Maran Kailasan, mengatakan pihaknya sudah beberapa kali menyelanggarakan berbagai kompetisi ketahanan fisik seperti Spartan Race dan Duathlon. Namun atlet dan pecinta olahraga ekstrim selalu mencari acara-acara unik seperti kompetisi Crossfit WOD ini.

“Makanya kami bertindak dengan cepat. Karena kompetisi seperti ini akan menarik para peserta lokal dan para atlet negara tetangga, dan hasilnya berbicara sendiri,” ujar Sugu Maran Kailasan merujuk pada kesuksesan acara ini.(uma)

Respon Anda?

komentar