Iklan

batampos.co.id – Kota Batam berhasil meraih gelar juara umum dalam pertandingan cabang olahraga (cabor) renang yang dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Lingga 2018. Kota Batam berhasil menyabet 13 emas, 6 perak, dan tiga perunggu.

Iklan

Diungkapkan oleh Ketua Kontingen Kota Batam Muhammad Ali, raihan 13 emas mengantarkan Kota Batam menjadi juara umum cabor renang Popda 2018.

“Dibawahnya adalah Tanjungpinang dan Lingga,” tegas Ali, Selasa (24/7).

Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Batam M Al Ichsan mengucapkan syukur atas keberhasilan cabor renang meraih gelar juara umum dalam Popda 2018. Menurutnya keberhasilan ini adalah buah dari pembinaan berjenjang yang diterapkan PRSI Kota Batam.

“Alhamdulillah, tim renang Kota Batam berhasil merebut gelar juara umum di Popda. Ini adalah hal yang luar biasa dan patut mendapat apresiasi tinggi. Apalagi kepastian juara umum ini didapatkan di hari pembukaan Popda. Sungguh luar biasa,” ucap pria yang akrab disapa dengan Ichsan ini.

Ichsan menjelaskan jika keberhasilan ini menjadi bukti dari langkah pemb inaan berjenjang yang dilakukan oleh PRSI Kota Batam.

“Dari Agustus 2016 hingga saat ini, sebanyak enam kejuaraan telah kami gelar. Dan kejuaraan ini yang menjadi seleksi atlet renang Kota Batam,” ungkapnya.

“Dari kejuaraan antarklub, pelajar, hingga seleksi atlet untuk gelaran Popda dilakukan untuk mencari bibit terbaik atlet renang Kota Batam. Selamat, jangan cepat puas, dan terus kejar prestasi maksimal,” harap Ichsan.

Ali juga menjelaskan dua cabor, yakni renang dan atletik telah menyelesaikan perlombaannya.

“Untuk cabor atletik Kota Batam meraih juara umum dua, sedang peringkat pertama diduduki oleh Kabupaten Lingga,” bebernya.

“Di cabor Atletik, Kota Batam hanya mampu meraih enam medali emas, hanya saja kami belum mendapat hitungan akhir berapa medali perunggu dan perak yang kita dapatkan,” kata Ali.

Total, hingga Selasa (24/7) Kota Batam berhasil meraih 23 medali emas. Medali-medali itu diraih dari beberapa cabor antara lain renang, atletik, tenis meja, dan bulutangkis.

Tim renang Kota Batam

“Hingga hari ini (Selasa, red), Kota Batam masing menduduki peringkat pertama klasemen sementara perolehan medali Popda Lingga 2018. Di bawah Batam ada Kabupaten Lingga dan Kota Tanjungpinang yang saling susul perolehan medalinya,” seru Ali.

Ali juga mengakui jika dalam Popda 2018 ini hasil pembinaan olahraga masing-masing kabupaten/kota sudah tidak banyak menunjukkan perbedaan. Malah beberapa cabor yang biasanya kota Batam menunjukkan dominasi, malah harus berjuang keras untuk bisa memboyong medali.

“Ini menjadi bukti jika pembinaan olahraga di kabupaten/kota lain sudah banyak menunjukkan hasil positif. Ditambah kabupaten/kota banyak menerapkan strategi percepatan dalam pembinaan olahraga, seperti engutamakan pembinaan cabor yang kemungkinan besar bisa menghasilkan medali,” terangnya.

Selain itu, tipisnya perbedaan hasil pembinaan olahraga kabupaten/kota di Kepri menjadi bukti jika Kota Batam tak bisa lagi berleha-leha dalam membina atletnya. Ali mengharapkan Pemko Batam dan KONI Batam bisa fokus untuk mengarahkan pembinaan atlet.

“Sudah tidak bisa lagi berleha-leha soal pembinaan atlet. Ketatnya perjuangan atlet dalam meraih medali di Popda ini menjadi bukti kuat “jarak” itu semakin pendek,” tuturnya. “Harus ada program pembinaan atlet yang jelas untuk bisa mencetak atlet Kota Batam yang berprestasi,” tambah Ali.

Untuk hari ini, lanjut Ali, pertandingan tidak dilaksanakan hingga sore. Pertandingan hanya digelar hingga siang hari.

“Ini terkait dengan pembukaan Popda yang akan dilaksanakan Selasa (24/7) sore,” ungkapnya.

Sementara itu, Kota Batam harus menjalani laga hidup mati melawan Kabupaten Natuna untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

“Wajib menang melawan Natuna, jika seri apalagi sampai kalah, peluang Batam untuk lolos ke babak selanjutnya hilang,” ungkapnya.

Terkait dengan target raihan, Ali memihon dukungan dan doa masyarakat Batam agar tim Kota Batam bisa meraih hasil maksimal.

“Mohon dukungan dan doa agar kontingen Kota Batam bisa mempertahankan gelar juara umum. Karena ini akan menjadi raihan juara umum keempat secara berturut-turut dalam Popda,” pinta Ali.(yan)