Sabtu, 20 April 2024

Warga Batam Mulai Memesan Sapi Kurban

Berita Terkait

batampos.co.id – Hari raya Idul Adha masih beberapa minggu lagi, namun pedagang sapi dan kambing sudah bermunculan di tepi-tepi jalan di Batam, salah satunya di Batubesar. Daerah ini dari tahun ke tahun, selalu dipenuhi pedagang sapi dan kambing.

Salah seorang pedagang, Mardalis mengakui sudah cukup lama berjualan di daerah sini. Ia menjual sapi jenis simetal dan bali.

“Harganya dari 17 hingga 25 juta,” ucapnya.

Sapi jenis Simetal dan Bali ini memiliki bobot dari 200 hingga 350 kilogram. Ia mengatakan dua jenis sapi ini cukup diminati oleh masyarakat Batam.

Selain sapi, Mardalis juga menjual kambing dengan rentang harga Rp 2,5 hingga Rp 6 juta. “Ada tingkatan kambingnya, semakin bagus semakin mahal,” tuturnya.

Mardalis mengatakan saat ini beberapa ekor sapi dan kambing sudah ada dipesan masyarakat. “Mereka titip disini dulu, baru diambil jelang Idul Adha,” ucapnya.

Hal yang senada diucapkan oleh Pengelola Rumah Qurban Batam Pak Kwat, Doni.

“Selain simetal dan bali, kami juga memiliki sapi limosin,” ucapnya.

Ia merinci sapi simetal miliknya memiliki berat 300 hingga 350 kilogram, dijual dengan rentang harga Rp 25juta sampai Rp 50 juta. Sementara itu sapi limosin memiliki berat beragam dari 500-600 kilogram. “Kami jual dengan Rp 24-45juta. Sapi yang paling sering dipesan masyarakat itu, jenis sapi bali. Harga jualnya Rp 17-28 juta,” ucapnya.

Sementara itu untuk jenis kambing, Doni mengatakan pihaknya memiliki jenis kambing kacang. “Kalau kambing itu ada kelas-kelasnya. Harganya Rp 2,3 hingga 6 juta,” ucapnya.

Doni mengatakan pemesan bisa menitipkan terlebih dahulu Sapi atau Kambingnya.

“Bayar uang muka dulu, nanti dititipkan ke kami. Kami kasih makan lalu dikirimkan saat sudah diperlukan,” ungkapnya.

Ia mengatakan sapi dan kambing ditempatnya didatangkan dari Lampung dan Palembang. Dan kualitasnya tidak kalah dari sapi-sapi dari Jawa. “Kualitas terbaiklah, datang saja ke peternakan Sei Temiang Sekupang. Lihat-lihat dulu juga boleh. Stoknya masih banyak,” ujarnya. (ska)

Update