Iklan
Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius menendang bola sebagai tanda dimulainya Hydro Coco Gup 2018 di Sporthall Temenggung Abdul Jamal, Batam, Jumat (27/7).
foto: Ryan Agung/Batam Pos

batampos.co.id – Hydro Coco Cup 2018 National Futsal Tournament resmi digelar Jumat (27/7), di Sporthall Temenggung Abdul Jamal.

Iklan

Batam menjadi kota pertama yang menandai digelarnya turnamen futsal antarSMA sederajat tingkat nasional ini.

Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius mengatakan Hydro Coco Cup 2018 ini adalah kali keenam digelar sepanjang penyelenggaraannya.

“Untuk tahun ini digelar di 29 kota di Indonesia, dan diikuti oleh 1.003 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat,” ungkapnya saat opening ceremony, Jumat (27/7).

“Selain itu, diperkirakan turnamen ini akan dihadiri lebih dari 130 ribu audience se-Indonesia,” seru Vidjangtius bangga.

“Olahraga adalah sumber kesehatan yangg utama. Ini menjadi dasar alasan untuk penyelenggaraan Hydro Coco Cup 2018. Kalbe farma memiliki target untuk bisa terus menyehatkan generasi muda. Kedepan, standar turnamen ini akan kami tingkatkan terus. Tak hanya menjadi turnamen nasional tetapi menuju ke tingkat internasional,” janjinya.

Vidjangtius juga mengatakan selain opening ceremony, juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Kolaborasi dengan BNN dilakukan mengingat kami punya visi dan misi yang serupa. Juga punya cakupan yang sama, yakni generasi muda,” terang Vidjongtius.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BNN Pusat Komjen Pol Heru Winarko mendukung penuh gelaran ini.

“BNN sangat mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan generasi muda. Ini sangat penting, dengan adanya kegiatan positif, generasi muda bisa terhidar dari narkoba,” beber Heru.

“Generasi muda saat ini adalah bonus demografi indonesia. Yang mana mereka inilah yang akan mengisi pucuk-pucuk pimpinan Indonesia di masa mendatang. Mereka juga yang nantinya bakal memimpin Indonesia menuju empat besar dunia. Tetapi itu jika bisa mempertahankan bonus, bukannya menjadi beban akibat terkena narkoba,” tambahnya.

Heru juga mengucapkan apresiasinya pada PT Kalbe Farma Tbk yang telah berkomitmen membantu peredaran narloba di kalangan generasi muda.

Sekjen AFD Aisrin, Kepala BNN Pusat Komjen Pol Heru Winarko, Presdir PT Kalbe Farma Vitjongtius, dan Head of Beverages PT Kalbe Farma Tbk Ronald Unadi, beserta seluruh undangan, peserta, dan penonton mengacungkan tangan sebagai tanda stop narkoba di Sporthall Temenggung Abdul Jamal, Jumat (27/7). F. Ryan Agung/Batam Pos

“BNN memberikan penghargaan setinggi-tingginya pada Kalbe Farma yang telah berkomitmen nyata dalam pemberantasan narkobadi Indonesia,” tuturnya.

“BNN juga memberikan apresiasi pada Kalbe Farma yang telah bersedia menyelamatkan generasi muda Indonesia dari bahaya narkoba,” ujar Heru kemudian.

Sepanjang gelaran turnamen ini, BNN akan melakukan tes urine secara random pada peserta dan penonton.

“Untuk melihat dan mengetahui sejauh mana generasi muda Batam dan Kepri menjauhi narkoba. Ini adalah pembuktian bagi generasi muda Kepri,” tegasnya.

Sementara itu Sekjen Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Kepri Aisrin memberikan apresiasi pada Kalbe Farma yang telah menyelenggarakan Hydro Coco Cup 2018.

“Terima kasih pada hidrococo yg telah menyelenggarakan turnamen secara berjenjang dan telah memilih Batam sebagai kota pembuka Hydro Coco Cup 2018,” ujarnya.

“Futsal di Kepri berkembang melalui beragam turnamen yang diselenggarakan AFD. Dan saat ini futsal menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari masyarakat Kepri,” beber Aisrin.

Hanya saja, tambahnya, di Kepri belum banyak lapangan berstandart internasional. Karenanya Aisrin berharap fustal di Indonesia khususnya di Batam dan Kepri akan terus berkembang.

“Selamat bertanding, jaga sportifitas, tunjukkan kemampuan yang terbaik. Hari ini di Batam hadir asisten pelatih futsal timnas Indonesia Hadi Lesmana yang tengah melakukan talent sgouting untuk timnas futsal U-18,” kata Aisrin.

Sedang Head of Beverages PT kalbe farma Tbk Ronald Unadi mengatakan Batam terpilih menjadi kota pembuka gelaran ini lantaran jumlah audiences yng menghadiri turnamen ini tahun lalu melebihi daerah lainnya di Indonesia.

“Dalam penyelenggaraan tahun lalu, dalam tiga hari jumlah audience yang datang lebih dari 15 ribu. Melihat tingginya animo di Batam, kami tak ragu untuk memilih Batam sebagai kota pembuka gelaran ini,” terangnya.

Turnamen ini, lanjut Ronald, akan terus bergulir hingga November mendatang. Babak grand final sendiri nantinya akan dilaksanakan di Semarang.

“Hydro Coco Cup 2018 ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp 230 juta. Pemenang babak grand final berhak atas hadiah utama yaitu dikirim mengikuti International Futsall Tournament 2018 di Thailand,” paparnya.

“Untuk semakin memotivasi peserta, juga diberikan beasiswa penuh bagi pemain yang berprestasi. pemain terbaik berhak atas beasiswa penuh di Universitas Trisakti, sementara topskor berhak atas beasiswa di Kalbe Institut,” kata Ronald.

Hydro Coco Cup 2018 ini terbagi menjadi dua kelompok, yakni gold qualification dan silver qualification. Kualifikasi silver dilaksanakan di 19 kota, yakni Bekasi, Tangerang, Padang, Tasikmalaya, Bogor, Solo, Menado, Cirebon, Balikpapan, Palembang, Samarinda, pekanbaru, Purwokerto, Mataram, Pontianak, Jember, dan Bandarlampung.

“Sedang Batam, masuk dalam gold qualification bersama dengan Yogyakarta, medan, Semarang, Bandung, Jayapura, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, dan Jakarta,” urai Ronald.

Ronal juga menjelaskan jika Hydro Coco Cup 2018 Kota Batam digelar selama tiga hari dari Jumat (27/7) hingga Minggu (29/7). “Pertandingan sendiri dimulai pukul

Sementara itu dalam sejumlah pertandingan yang digelar sebelum opening ceremony, SMKN 7 berhasil mengalahkan SMK Hang Nadim dengan skor 4-0. Sedang SMK Al Jabar bermain imbang 3-3 melawan sMKN 6. kemudian SMAN 20 berhasil menang 2-0 melawan SMK Muhammadiyah.

Selanjutnya, MA Indusrial Al Jabar harus mengakui keunggulan SMKN3 dengan skor 0-4. SMAN 3 menang tiga gol tanpa balas atas SMK Pelayaran. SMK Ibnu Sina harus mengakui keunggulan SMAN 1 dengan skor tipis 1-2. Sedang SMKN 4 menang telak SMK Penerbangan Nasional tiga gol tanpa balas.(yan)