Kamis, 25 April 2024

KRI Sutedi Senoputra – 378 Tangkap Kapal Asing

Berita Terkait

foto: lanal batam

batampos.co.id – KRI Sutedi Senoputra – 378, menangkap MV. Phyllis di sekitar perairan Utara Pulau Sambu Batam.

Begini kisahnya, pada saat KRI Sutedi Senoputra – 378 melaksanakan Operasi Laga Sagara–18 di perairan Selat Singapura, KRI Sutedi Senoputra – 378 melihat kontak sebuah kapal yang melintas dan merubah haluan ke arah barat menghindar dari KRI Sutedi Senoputra – 378.

Curiga, Komandan KRI memerintahkan untuk melaksanakan peran tempur dan peran pemeriksaan serta dilaksanakan pengejaran. Di sekitar perairan Utara Pulau Sambu Batam berhasil melaksanakan penghentian terhadap kontak kapal tersebut.

Pada saat diperiksa diketahui bahwa kontak tsb bernama MV. Phyllis berbender Djibouti dan dokumen yang dibawa oleh MV. Phyllis tidak memenuhi standar kapal untuk melaksanakan pelayaran.

Nakhoda MV. Phyllis mengakui bahwa dokumen kapal habis masa berlakunya (Expired).

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh KRI Sutedi Senoputra – 378 bahwa MV. Phyllis melaksanakan pelayaran tidak memiliki dokumen lengkap dan melakukan pelanggaran batas wilayah, dimana MV. Phyllis memasuki wilayah perairan Indonesia.

Berdasarkan hasil pemerikasaan tersebut Komandan KRI Sutedi Senoputra – 378 memerintahkan agar MV. Phyllis ditangkap dan dikawal oleh Tim Pemeriksa KRI Sutedi Senoputra – 378 ke Lanal Batam guna penyidikan lebih lanjut.

Pada hari Minggu tanggal 15 Juli 2018 dilaksanakan penggeledahan MV. Phyllis, muatan dan ABK di Dermaga Lanal Batam.

Selanjutnya kapal MV. Phyllis beserta ABK dan muatan diamankan oleh Lanal Batam. Selanjutnya dilaksanakan periksaan urine oleh Tim kesehatan Lanal Batam.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan 1 (satu) orang Positif mengkonsumsi Narkoba yakni Then Aung, 27. Yang tak lain ialah nakhoda MV. Phyllis. (*)

 

Update