Jumat, 29 Maret 2024

Warga Keluhkan Angkot Ngetem

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Jalur di Jalan Engku Putri, tepatnya di depan pelabuhan Batamcenter atau di depan Mega Mall, hampir setiap hari mengalami kemacetan. Angkutan umum dan taksi yang ngetem dituding sebagai pemicu kemacetan tersebut. Banyak angkot dan taksi yang berhenti secara sembarangan untuk menaikkan atau menurunkan penumpang.

Padahal di kawasan tersebut ada rambu larangan kendaraan untuk berhenti. Namun rambu itu diabaikaan sopir angkutan. Pihak Dinas Perhubungan Kota Batam sudah berkali-kali menertibkan kendaraan yang parkir di bahu jalan itu. Namun, penertiban itu nyatanya tidak memberikan efek jera bagi angkot tersebut.

Hal ini menuai protes dari pengguna jalan. Dewi Anggraeni, misalnya. Ia mengkritik sejumlah angkutan umum yang mangkal di depan Megamall. Padahal, kata dia, kawasan tersebut sudah dipasang rambu dilarang berhenti. Namun, sejumlah angkutan umum masih saja nekat melanggar rambu-rambu tersebut demi mendapatkan penumpang.

“Bagaimana gak macet, angkutan umum saja mangkal sampai memakan jalan. Padahal sudah dipasangi rambu dilarang berhenti,” katanya.

Hal yang sama juga dirasakan pengguna jalan lainnya, Suyanto. Ia mengungkapkan kondisi macet paling parah terjadi pada saat kapal dari Singapura maupun dari Malaysia telah bersandar di pelabuhan.

“Yang parah itu waktu penumpang baru turun dari kapal. Kalau penumpang belum penuh, belum mau jalan dia,” ujarnya.

Karena itu, ia berharap agar pemerintah setempat bisa memberikan sanksi tegas kepada sejumlah angkutan yang tidak mematuhi rambu lalu lintas. “Ini masalahnya menjadi penyebab macet. Kami berharap Dishub bisa bertindak tegas,” tuturnya.

Dengan adanya keluhan-keluhan itu, warga berharap agar instansi pemerintah terkait segera ambil tindakan untuk menertibkan angkot yang kerap ngetem itu. Sebab jika tidak maka kemacetan dijalan tersebut akan semakin parah kedepannya.

“Apalagi sekarang kendaraan semakin banyak. Jalan padat setiap saat, kalau angkot ini tak ditertibkan, lama makin parah disini,” ujar pria yang akrab disapa Yanto itu.

Pantauan dilapangan, kemacetan akibat angkot tersebut terlihat mulai dari Bundaran BP Batam hingga belokan menuju arah Simpang Bank Indonesia. Kemacetan terjadi hampir sepanjang waktu terutama pada saat kedatangan kapal dari Singapura. Puluhan angkot tampak menguasai bahu jalan baik untuk menurunkan ataupun menaikan penumpang. (gie)

Update