Kamis, 25 April 2024

Empat Bacaleg Partai Baru Tersisih

Berita Terkait

batampos.co.id – Empat bakal calon legislatif (cacaleg) Tanjungpinang, gagal maju Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang telah memverifikasi keempat bacaleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Garuda selaku partai debutan, tidak dapat melengkapi persyaratan hingga masa perbaikan berakhir.

”Ini imbas dari melakukan perbaikan di menit-menit terakhir. Sehingga tidak banyak waktu untuk melakukan perbaikan,” tutur Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution Rabu (1/8).

Sementara itu, Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Tanjungpinang, Susanty mengatakan, keempat orang bacaleg yang gagal tersebut terdiri dari tiga bacaleg partai Garuda dan satu bacaleg dari partai PSI.

”Namanya saya lupa, yang jelas kalau dari Partai Garuda satu bacaleg untuk dapil satu dan duanya lagi untuk dapil 2. Kalau dari partai PSI, dapil tiga,” ungkapnya, Rabu (1/8).

Dengan berkurangnya bacaleg, Susanty menuturkan partai Garuda hanya tinggal 27 bacaleg dan PSI tinggal 29 Bacaleg. Karena dari dua partai itu mengusulkan 30 bacaleg ke KPU Tanjungpinang pada saat pendaftaran kemarin.

KPU terpaksa mencoret Bacaleg tersebut karena memang mereka bekerja sesuai aturan yang ada. ”Jika ada persyaratan yang kurang dan waktu sudah habis, terpaksa dicoret,” tegasnya.(aya)

Update