Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal melakukan pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma, Selasa (31/7). F. Humas Pemkab Natuna untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Setelah diundang menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Investasi dan Ekonomi Wilayah Eropa yang diselenggarakan IIPC beberapa waktu yang lalu, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal melanjutkan kunjungan kerjanya dengan bertemu Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris dan Irlandia di Kota London, Selasa (31/7) lalu.

Kedatangan Bupati Natuna di Kantor Kedutaan disambut Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma. Mereka terlibat pembicaraan serius terkait upaya Pemerintah Kabupaten Natuna untuk mempromosikan potensi daerah.

Dalam rilis Humas Pemkab Natuna, Rizal Sukma mengatakan bahwa Natuna memiliki peluang besar di sektor perikanan, karena konsumsi ikan tongkol kecil sangat besar di Inggris. Sedangkan penyebaran ikan tersebut paling banyak di perairan Sabang, Aceh, dan Perairan Natuna.

”Mengingat besarnya potensi perikanan yang dimiliki Indonesia, sudah sewajarnya bangsa ini turut dalam pergera-kan ekspor skala internasional. Tidak hanya lingkup pasar Asean karena pada dasarnya negara-negara Asean termasuk negara penghasil perikanan,” ujar Rizal Sukma.

Bupati Natuna Hamid Rizal mengakui, potensi ikan tongkol kecil sangat besar di perairan Natuna. Namun, mengingat pengelolaan potensi perikanan sudah dilimpahkan kepada Pemerintah Provinsi, mengakibatkan Kabupaten Natuna tidak dapat mengelola potensi tersebut secara maksimal.

Untuk itu, Hamid Rizal mengharapkan kepada Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia agar dapat menyampaikan kepada Presiden RI terhadap pentingnya pemekaran Natuna menjadi provinsi baru untuk memacu percepatan pembangunan, sekaligus mewujudkan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan di Kabupaten Natuna yang seharusnya menjadi miniatur pembangunan Indonesia di wilayah perbatasan.(arn)

Advertisement
loading...