ilustrasi
foto: batampos.co.id / hasanul safri

batampos.co.id – Warga Batam, pembaca setia batampos.co.id. Kapolresta Barelang Kombes Hengki mengakui bahwa blangko atau material pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mapolresta Barelang sudah habis. Kekosongan blangko SIM ini terjadi tidak hanya di Polresta Barelang saja, namun juga terjadi di seluruh Indoneia.

“Stok memang sudah habis saat ini di Polresta Barelang maupun daerah lain. Di Korlantas Polri juga masih proses lelang untuk pengadaan blangko SIM,” kata Hengki.

Hengki pun belum dapat memastikan kapan stok blangko SIM tersebut dapat terpenuhi dan bisa normal kembali. Sebab, informasinya proses lelang pengadaan blangko SIM baru akan dimulai pada bulan ini dan setelah itu masih menungu pemenangnya.

“Andaikan pemenangnya langsung diumumkan pertengahan bulan ini, awal bulan September mendatang diperkirakan sudah tersedia kembali,” tuturnya.

Artinya, dengan begitu maka stok blangko sebulan kedepan belum dapat terpenuhi. Namun, pihak Mabes Polri juga sudah mengirimkan telegram, jika pada saat blangko sudah kosong, bagi masyarakat yang mau membuat SIM akan diberikan surat keterangan sementara.

“Surat keterangan itu berlaku dan resmi dari Polri. Masyarakat tidak perlu khawatir. Nanti, jika blangko sudah ada baru bisa diganti dengan membawa surat keterangan itu,” bebernya.

Pantauan Batam Pos di pelayanan Administrasi Sat Lantas Polresta Barelang, kekosongan blangko ini dikeluhkan masyarakat yang susah mendapat hari libur. Sebab, untuk mengurus SIM, mereka harus meminta izin dari tempat kerja terlebih dahulu.

“Kalau hari libur kan tidak buka. Makanya minta izin. Kalau kayak gini, repot nantinya. Karena harus meminta izin lagi untuk ambil SIM,” keluhnya. (gie)

Respon Anda?

komentar