Komisioner Bidang Teknik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Zaki Setiawan

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) merancang laman untuk pengecekan pemilih yang sudah terdaftar. dari laman ini, masyarakat bisa mengetahui apakah sudah masuk ke databasenya KPU atau belum. Laman ini diberi nama Sidalih.

Sidalih3.kpu.go.id, coba saja cek melalui itu. Masukan NIK dan nama sesuai KTP, akan keluar hasilnya,” kata Komisioner Bidang Teknik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Zaki Setiawan, Sabtu (4/8).

Saat Batam Pos mencoba mengecek laman tersebut, ternyata ada beberapa nama yang sudah terdaftar, namun ada juga yang masih belum.
Bagi pemilih yang sudah terdaftar di Sidalih, akan kelihatan mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) nomor berapa, lalu di kelurahan mana dan kecamatannya.

Terkait untuk nama yang masih belum terdaftar. Zaki meminta masyarakat agar segera melaporkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berada di tingkat kelurahan. “Nanti akan diminta untuk mengisi formulir tanggapan masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap masyarakat yang belum terdaftar segera melaporkan diri ke PPS terdekat.

Program Sidalih ini akan disosialisasikan KPU Kota Batam Rabu (8/8) mendatang. Terkait tempatnya, Zaki menuturkan KPU Kota Batam baru melakukan survey di SP Plaza dan DC Mall. “Tempat pastinya nanti akan dikabarkan lebih lanjut,” ucapnya.

Sosialisasi Sidalih ini, menurut Zaki dilakukan serentak seluruh Indonesia.

Sidalih ini merupakan salah satu langkah KPU untuk memastikan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu. Zaki menuturkan penentuan DPT masih berlangsung.
“DPT itu kemungkinan September ini. Lalu Daftar Caleg Tetap (DCT) juga kemungkinan di bulan yang sama,” tuturnya.(ska)

Respon Anda?

komentar