Iklan
Pradipto Sugondo memperlihatkan jenis mobil hybrid yang sedang dikembangkan Daihatsu dalam ajang GIIAS, Kamis, (2/8) lalu. F. Alfian Lumban Gaol/ Batam Pos

batampos.co.id – Daihatsu yang terkenal dengan mobil yang ramah keluarga dan ramah lingkungan terus melakukan inovasi. Daihatsu saat ini sedang mengembangkan mobil Hybrid dan konsepnya sudah dipamerkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di convention Exebition Bumi Serpong Damai (ICE BSD) Banten.

R&D Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo, Kamis (2/8) lalu mengatakan mobil hybrid ini akan menjawab pemerintah yang menginginkan menurunya polusi di Indonesia.

“Pak Jokowi meminta agar polusi dikurangi, dan kami sudah menyiapkan mobil Hybrid,” katanya.

Menurut Pradipto, mobil hybrid jauh lebih irit dari mobil biasa. Di mana bensin digunakan bukan sebagai penggerak mesin tetapi mengecas baterai yang secara otomatis menjadi penggerak mesin. ” Jadi selama bahan bakar masih ada, maka baterai akan tetap hidup. Jadi sangat irit dan ramah lingkungan,” tambahnya.

Ia menambahkan, untuk satu liter bensin yang digunakan untuk mencas baterai maka akan sanggup digunakan untuk jarak 30 kilometer. Ini jauh lebih terjangkau dari mobil biasa yang bukan hybrid.

“Daihatsu sebagai sahabat semua masyarakat, ingin memberikan yang terbaik untuk semua pelanggannya. Untuk baterainya, kita jamin tahan minimal tiga tahun,” tambahnya.

Saat ini tim Daihatsu sedang mempersiapkan kajian mengenai pasar mobil tersebut. Tetapi meyakini, mobil tersebut akan diterima pasar. “Kajian harus tetap dilakukan,” katanya.

Dalam acara GIIAS tersebut, model mopbil hybrid yang dipamerkan tersebut ramai dikunjungi warga. Banyak di antaranya yang kagum dan menunggu agar mobil tersebut segera diproduksi.

“Kita menunggu ini. Dengan pameran seperti ini, kita tahu isi dan bagian dalam dari mobil kalau dipamerkan. Apalagi katanya harganya tetap terjangkau,” Steve Wang, warga Serpong.

Ia mengaku penyuka Dihatsu karena memang irit dan bodinya kuat. “Kalau untuk keluarga, memang produksi daihatsu sangat bagus. Lebih irit mnenurut saya dibanding mobil lainnya,” katanya.

Selain itu, Daihatsu juga rencananya akan mengembangkan mobil balap. Di mana saat ini, tim Daihatsu masih terus melakukan rancangan yang terbaik sehingga nantinya bisa diterima masyarakat. (ian)