Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Pelalawan embarkasi sedang melaksanakan pelayanan pendaftaran Biometrik saat tiba di Asrama Haji Batam, sabtu (4/8). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 467 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Riau tiba di Asrama Haji Batam, Sabtu (4/8). Jemaah kloter 17 ini rencananya akan diberangkatkan ke tanah suci keesokan harinya sekitar pukul 13.30 WIB.

Sekretaris IV Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi mengatakan 467 jemaah berasal dari Kabupaten Meranti dan Pelalawan Riau ini rencananya akan diberangkatkan pukul 08.20 WIB. Namun karena ada kondisi Bandara King Abdul Aziz, Jeddah ramai, akhirnya keberangkatan ditunda.

“Kami baru terima informasinya dari Arab Saudi, jadi mereka butuh waktu untuk menstabilkan kondisi bandara. Sebab itu ratusan jemaah diundur keberangkatannya,” jelas Syahbudi.

Ia menambahkan saat ini kondisi 16 kloter embarkasi Batam sudah tiba dan berada dalam keadaan sehat. Meskipun suhu saat ini di sana cukup tinggi 35-41 derajat Celcius. JCH diminta tetap menggunakan alas kaki dan masker demi terlindungi dari panasnya cuaca.

“Petugas yang di sana selalau memantau keadaan calon jemaah. Kami berharap semua sehat dan bisa menjalankan ibada dan kembali ke tanah air dengan selamat,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Dokumen, Kantor Agama Wilayah (Kanwil) Kepri, Alikek mengatakan hingga saat ini jumlah JCH yang tiba di Makkah mencapai 6.727. Kloter 16 tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah sekitar pukul 12.40 waktu Arab Saudi.

“Siang ini mereka sudah tiba. Ini kloter terakhir dari Kalimantan Barat yang berangkat,” sebutnya.

Jika tidak ada kendala kloter 16 ini akan kembali ke tanah air tanggal 4 September mendatang.(yui)

Respon Anda?

komentar