Iklan

batampos.co.id – Hari ini, sebanyak 203 Jemaah Caloh Haji (JCH) asal Kabupaten Karimun diberangkatkan ke Embarkasi Batam. Para jamaah akan menginap di Asrama Haji sebelum besok harinya berangkat tanah suci.

Iklan

”Semua JCH Kabupaten Karimun sudah melaksanakan pemantapan manasik di gedung Nasional sekaligus syukuran pada malam harinya,” jelas Kepala Bagian Masyarakat (kabag Kesra) Setkab Karimun Irwan Dinovri, kemarin (5/8).

Dalam pelepasan tersebut, dilakukan secara adat melayu yaitu tepung tawar oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, tokoh masyarakat dan tamu undangan yang langsung menuju pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun.

Sementara JCH kabupaten Karimun nantinya, ada 5 ketua rombongan dan 18 ketua regu serta ustaz Sahari sebagai TPHD dengan tenaga kesehatan dari Dinkes satu orang. Sesampai di pelabuhan domestik Sekupang Kota Batam, para JCH Karimun langsung menaiki bis menuju asrama haji.

“Semua kita sudah melakukan koordinasi dengan instansi lainnya untuk keberangkatan, mulai dari rumah dinas hingga naik ke pesawat,” kata Irwan. Dari 203 JCH asal Kabupaten Karimun, JCH tertua adalah Duriat Abdullah, 79, dan termuda Citra Rama Rianti, 30.

Terpisah, Acara tepung tawar mengawali pelepasan keberangkaran 54 JCH asal Kecamatan Kundur dan Ungar di Masjid Besar Nurussalam, Minggu (5/8). Seluruh JCH mendapat tepung tawar yang dilakukan sejumlah pemangku adat Melayu bersama jajararan Uspika Kundur dan Ungar. Selesai acara tepung tawar dilanjutkan dengan melepas 54 JCH ke dari masjid menuju pelabuhan Tanjungbatu dengan menaiki bus serta berjalan kaki diiringi ribuan masyarakat dan kerabat.

Camat Kundur Erinovaljadinata menyampaikan rasa haru kepada seluruh JCH Kecamatan Kundur dan Ungar. Harapanya agar seluruh JCH lancar selama menjalankan ibadah haji dan pulang ke tanah air menjadi haji mabrur. Diharapkan semua jamaah haji selamat berangkat ke tanah suci hingga kembali ke tanah air tanpa ada halangan apapun .

“Saya harapkan seluruh JCH tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan selama menjalankan ibadah haji. Selain itu menjaga kesehatan agar selama dalam menjalankan ibadah haji lancar,” terang Eri

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kundur Suhaimi menyampaikan agar seluruh JCH tidak memaksakan diri untuk mengejar ibadah sunah karena masih banyak ibadah wajib yang harus dikerjakan. Suhaimi juga mengingatkan agar jamaah calon haji menjaga kesehatan dengan rutin minum air putih karena suhu di Makkah tidak sama dengan di tanah air. Jamaah calon haji harus fokus selama menjalankan rangkaian kegiatan haji di tanah suci dengan harapan mendapatkan haji mabrur. (tri/ims)